TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

3 Demonstrasi Terakbar di Dunia Sepanjang Tahun 2019

Indra Setiawan | Rabu, 01 Jan 2020 - 05:13 PM

Memasuki awal tahun 2020, sejumlah isu masih menjadi persoalan dunia yang belum terselesaikan. Isu tersebut antara lain protes perubahan iklim, konflik Palestina-Israel, kasus muslim Uighur, hinga demo dan perlawanan berlarut-larut di Hongkong.

Dilansir Bbc yang dikutip Pikiran Rakyat (30/12/2019), sepanjang tahun 2019 ini aksi demonstrasi rata melanda setiap benua. Bahkan di Antartika sekalipun, benua yang biasanya senyap dari pemberitaan tersebut pada Agustus 2019 lalu dikejutkan oleh demo kaum muda.

Dikomando oleh aktivis Greta Thunberg, kamu muda di kawasan kutub melakukan aksi protes global terkait isu-isu lingkungan dan perubahan iklim.

Baca juga

Disarikan dari sumber yang sama, setidaknya ada 3 demonstrasi akbar sepanjang tahun 2019 yang disorot oleh warga dunia. Demo tersebut yakni;

Para pendemo di Lebanon berunjuk rasa memprotes pemerintah terkait krisis ekonomi yang berlarut-larut di negara tersebut. Image: ft.com

1. Demo krisis Lebanon. Selama beberapa dekade terakhir Lebanon mengalami krisis ekonomi terburuk. Hal tersebut berdampak pada sepertiga dari penduduknya harus hidup di bawah garis kemiskinan. Sejak Oktober 2019 lalu, nilai tukar mata uang Lebanon anjlok terimbas Arab Spring. Selain itu, pemberlakuan kenaikan beberapa tarif seperti tembakau, bensin, hingga penggunaan aplikasi pesan instan Whatsapp membuat warga Lebanon turun ke jalan memprotes kebijakan pemerintah.

Di Lebanon, keberadaan Whatsapp begitu penting karena digunakan banyak orang yang tak mampu melakukan panggilan telepon biasa. Tentu saja demo warga Lebanon akibat kenaikan tarif penggunaan Whatsapp itu hanya triger dari berbagai persoalan krusial lainnya yang belum terselesaikan.

Jutaan warga Cile turun ke jalanan di ibukota Santiago dan mendesak agar pemerintah melakukan reformasi total di berbagai bidang. Image: bbc.com

2. Demo jutaan warga Cile. Protes besar-besaran di negara Amerika Latin tersebut juga dipicu oleh kondisi ekonomi dalam negeri yang memburuk. Pada 25 Oktober 2019 lalu, tak kurang dari 1,2 juta warga Cile turun ke jalan di ibukota Santiago. Mereka mendesak agar pemerintah melakukan reformasi total di berbagai sektor. Para pedemo juga memprotes mahalnya biaya hidup dan angka gini ratio (ketidaksetaraan) yang sangat tinggi.

Para pendemo di Hongkong turun ke jalanan menyuarakan 5 tuntutan utama kepada pemerintah. Image: theatalantic.com

3. Demo Hongkong. Demonstrasi besar-besaran di wilayah bekas koloni Inggris tersebut sudah dimulai sejak Juni 2019 lalu. Aksi unjuk rasa secara masif itu terjadi akibat penolakan warga terhadap regulasi undang-undang ekstradisi ke Tiongkok. RUU tersebut pada akhirnya dibatalkan, namun demo terus berlanjut dimana para pendemo tetap menyuarakan 5 tuntutan utama mereka. Diketahui, pembatalan RUU ekstradisi hanya salah satu dari 5 tuntutan yang diperjuangkan.

Tag: 3 Demonstrasi Terakbar, Aksi Unjuk Rasa, Demonstrasi Di Dunia, Kaleidoskop 2019

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.