TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Belum Banyak yang Tahu, 5 Website Tempat Menulis Online yang Membayar

Rianda Prayoga | Kamis, 12 Dec 2019 - 04:42 PM

Jaman milennial seperti sekarang, rasanya kurang eksis ya kalau kita gak bisa menghasilkan karya original kita sendiri. Istilah kerennya itu bikin konten. Seperti para Youtuber dan konten kreator yang produktif bikin konten yang digilai banyak netizen.

Apa gak iri lihat para Youtuber yang apa-apa dibikin konten? Tapi terbatasi oleh sumber daya, gak punya gadget canggih untuk bikin video misalnya. Gak usah kawatir. Bikin konten yang keren dan bermanfaat gak harus selalu bikin video. Menulis aja yuk!

Meski kesannya agak jadul dan gak kekinian. Tapi percaya, menulis dan membaca tetap penting sampai kapanpun. Langsung saja kita cek ke tkp, tempat atau website untuk menulis online yang membayar. Sstt..! info ini belum banyak orang tahu lho..

1. Menulis di Biartau.id

dokpri
Baca juga

Di list pertama ada Biartau.id. Website yang saat ini sedang kamu akses. Belum banyak yang tahu platform menulis online satu ini. Karena memang masih terbilang baru. Sebelumnya bernama bigel.id

Cocok banget buat penulis pemula, karena syarat dan aturannya gak berat. Dashboardnya juga sangat mobile friendly. Nantinya tulisan member yang berhasil terbit, akan dibayar per tulisan sesuai kualitas tulisan. Dan juga dihitung per view. Terakumulasi menjadi bentung poin.

Daftar di biartau.id ini gratis dan syaratnya gak susah. Kalau tulisan kamu belum berhasil terbit, maka sabar saja. Proses review disini memang cukup lama. Tapi kesabaran kamu akan diganjar dengan berbagai tawaran redeem poin dengan uang tunai, saldo ovo dan gopay.

2. Menulis di Plimbi.com

dokpri

Website atau platform menulis ini juga disebut juga jurnalisme warga. Plimbi.com lebih lama ada dibanding Biartau.id.

Belum banyak yang tahu plimbi.com bisa dijadikan tempat menulis online. Padahal menulis di platform ini cukup menjanjikan dan menarik. Websitenya lumayan aktif.

Sama seperti Biartau.id yang menggunakan sistem poin sebagai hitungan performa artikel. Hanya saja di Plimbi.com hanya menghitung jumlah views.

Akan tetapi di Plimbi.com menerapkan sistem rank penulis terbaik dan teraktif. Tentunya ini bikin motivasi menulis makin gede. Disamping juga adanya reward yang diberikan, mulai dari pulsa, uang, saldo ovo dan gopay, hingga bisa tukar dengan Laptop.

Kaskus Kreator, jadikan tulisan menjadi ka(r)ya

dokpri

Diantara list website atau platform menulis online yang ada pada artikel ini. Harus diakui, program untuk content writter dari Kaskus ini yang terbesar. Secara, siapa sih netizen yang gak kenal sama Kaskus? Komunitas Online terbesar di Indonesia.

Sistemnya di Kaskus Kreator simpel saja. Seperti buat thread biasanya saja. Tapi ini harus tulisan yang original karya Kaskuser (sebutan pengguna Kaskus). Hitungannya setiap satu view, mendapat Rp. 1. Minimal penarikan dana Rp. 50.000.

Kelebihannya, di Kaskus cari jumlah views relatif mudah. Secara banyak Agan dan Sista yang ngaskus disana. Jadi besar kemungkinan tulisan kamu akan mendapat banyak pembaca.

Program RoKer! ROLi Kreasi

dokpri

Khusus pelanggan Telkomsel. Operator telekomunikasi plat merah ini ternyata memiliki aplikasi mobile yang bisa diunduh di gawai penggunanya, bernama aplikasi ROLi. Bedanya dengan Biartau.id dan Plimbi.com, ROLi berbasis aplikasi android.

Sejatinya aplikasi ROLi ini merupakan aplikasi periklanan dari Telkomsel. Namun baru-baru ini ROLi meluncurkan program yang mewadahi konten kreator, yakni RoKer (ROLi Kreasi).

Pengguna ROLi dapat mengirimkan karya berupa artikel maupun puisi. Nantinya karya yang lolos review akan di terbitkan di aplikasi ROLi. Dan karya yang mendapat jumlah pembaca terbanyak akan mendapat hadiah kuota Internet 5 gb/30 hari. Aplikasi ROLi Telkomsel bisa didapat dengan mengunduhnya di Playstore.

Plukme.com

dokpri

Konsep Plukme.com ini sebenarnya lebih lengkap dibanding platform atau website yang sudah disebutkan dahulu. Di Plukme.com selain bisa menyetor karya tulisan atau artikel. Bisa juga kirim video, suara (semacam podcast), splash (semacam update status), hingga ada fitur promosi dan marketplace. Singkat kata seperti media sosial. Tapi plusnya, di Plukme.com penggunanya mendapat bonus dari tulisan yang diunggah.

Hanya saja, Plukme.com diletakkan pada list terakhir pada artikel ini karena belakangan keeksisan  Plukme.com menemui ketidakjelasan. Tidak dijelaskan alasan pastinya kenapa. Plukme.com terpantau tidak cukup aktif, kadang tidak bisa diakses. Beberapa fiturnya juga ada yang tidak aktif. Sangat disayangkan kondisi demikian, karena secara konsep Plukme.com ini bagus. Apalagi juga tersedia dalam aplikasi mobile.

Tambahan terbaru: rackticle.com

Demikian list website atau platform menulis online yang membayar. Informasi ini masih orang yang jarang tahu. Karena informasi pada umumnya merujuk pada website-website seperti jalantikus, ucmedia, babe, idntimes, brilio dan lainnya. Semoga dengan ini semakin menambah wawasan kita, membuka peluang dan semangat baru.

Gambar utama: liputan6.com

Tag: Menulis, Website Menulis, Dibayar, Platform Menulis, Blogging

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.