TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Dengan Mode Hitam Putih

Rianda Prayoga | Rabu, 13 Nov 2019 - 10:59 AM

Isu kecanduan gadget atau smartphone saat ini tengah hangat-hangatnya dan menjadi perhatian banyak orang. Gak cuma kecanduan gadget pada orang dewasa, kecanduan gadget pada anak-anak justru lebih parah dampaknya.

Kecanduan gadget pada anak ternyata dapat masuk kedalam kategori gangguan kejiwaan. Namun secara keseluruhan dampak negatif dari berlebihan bermain gadget berlaku pada setiap umur.

Dan hal ini gak bisa dianggap enteng. Sesegera mungkin kita mesti berusaha mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan. Selain buang waktu, juga kesannya menjadi kontraproduktif.

Baca juga

Kecuali kalau untuk kerja, smartphone tentunya agar bermanfaat. Tapi bila gadget hanya seperti medsos, game, chat dan sejumlah aplikasi yang gak bermanfaat. Maka sudah saatnya untuk kamu semua mengurangi penggunaan gadget berlebihan.

Di Bandung, anak-anak dibagikan anak ayam agar dapat mengalihkan kegiatan dari gadget. Banyak cara sebenarnya untuk mengurangi penggunaan gadget. Kali ini dengan cara mode hitam putih.

Bila selama ini tampilan smartphone yang sangat berwarna, menarik dan sangat menggoda untuk terus menerus digunakan. Maka cara untuk membatasinya dengan mengubah tampilan smartphone menjadi tidak menarik atau hitam putih.

Mode grayscale - jalantikus.com

Adalah mode grayscale untuk mengubah tampilan kamu menjadi hitam putih atau monokrom. Dengan mode ini, wallpaper cantik, foto dan video pun menjadi terlihat tidak menarik.

Kalau di Android, ada dua mode yakni "Color Inversion" dan "Simulate Color Space". Pastikan kamu sudah mengaktifkan menu "Developer Options" atau Opsi Pengembang terlebih dahulu ya.

Fitur ini dapat kamu temukan melalui Accessibility > Color Inversion. Serta melalui Developer Options > Simulate Color Space > Monochromacy.

Sedangkan kalau di iPhone, kamu bisa mencarinya di Settings > General > Accessibility > Display Accommodations> Color Filters dan pilih Grayscale.

Keberhasilan cara ini tentu saja tergantung dari tekad dirimu sendiri untuk mengurangi penggunaan smartphone. Karena kamu sendiri yang mengendalikan tampilan smartphone milikmu. Dan percayalah, semenariknya fitur smartphone. Dunia nyata tetap lebih manarik lagi.

Sumber: Jalantikus.com

Gambar: Nextren/grid.id

Tag: Gadget, Smartphone, Kecanduan

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.