TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Jenis-jenis Es Krim yang Paling Favorit di Seluruh Dunia, Pernah Coba?

Novi Nurpajar | Minggu, 10 Nov 2019 - 09:00 AM

Es krim menjadi salah satu jenis dessert yang paling disukai oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Memiliki berbagai jenis rasa seperti cokelat, stroberi, dan vanilla, es krim kini juga tersedia dalam berbagai wadah. Ada yang disajikan di cup, ada juga yang di cone. Semua bisa disesuaikan dengan selera.

Tak cuma enak, es krim juga memiliki manfaat sehat karena kandungan nutrisinya, Ma. Seperti diketahui, es krim terbuat dari susu sehingga mengandung berbagai vitamin serta kalsium.

Baca juga

Tapi yang perlu Sobat tahu, beda negara asal beda juga jenis es krim yang dibuat dan menjadi favorit, lho. Di seluruh dunia, ada banyak jenis es krim yang populer. Apa saja, ya? Yuk intip informasi lengkapnya berikut ini.

10 Eskrim yang paling pavorit diseluruh dunia ::

1. Spaghettieis (Jerman)

Es krim dari jerman

Jika es krim pada umumnya memiliki wadah seperti cone dan tidak berbentuk, es krim jenis spaghettieis dari Jerman memiliki bentuk seperti spaghetti. Bentuknya panjang dan kecil seperti mi spaghetti.

Es krim ini dibentuk dengan menggunakan mesin pencetak kentang. Supaya lebih enak, es krim bentuk spaghetti ini dibuat dengan rasa vanilla, kemudian diberikan selai stroberi dan taburan cokelat putih parut supaya mirip seperti saus tomat dan keju parut ala sajian spaghetti.

2. Mochi (Jepang)

Apabila Mama berkunjung ke Negeri Sakura, Mama akan menemukan jenis es krim unik yang dikombinasikan dengan mochi. Mochi sendiri adalah kue beras tradisional dari Jepang. Demikian dikutip dari Business Insider.

Jika biasanya mochi memiliki isian kacang merah, maka pada inovasi baru dibuat mochi dengan isian es krim. Tekstur yang dirasakan saat mengonsumsinya pun unik, Ma. Terasa kenyal, agak lengket, tetapi kemudian ada dinginnya es krim yang enak. Segar!

3. Dondurma (Turki)

Pernahkah Mama mencoba es krim ala Turki yang kini sudah banyak tersedia di mal? Biasanya es krim Turki identik dengan atraksi unik yang dilakukan oleh penjualnya, ya.

Es krim khas Turki ini disebut juga dengan sebutan Dondurma. Dalam bahasa Turki sendiri, Dondurma berarti beku dan memiliki tekstur elastis.

Dondurma memiliki rasa unik yang khas karena terbuat dari susu, gula, tepung yang terbuat dari sejenis akar pegunungan, serta mastic (getah dari pohon mastic). Nah, kombinasi dari tepung akar dan mastic inilah yang membuat es krim khas Turki terasa kenyal.

4. Gelato (Italia)
 

Gelato menjadi salah satu jenis es krim yang paling populer. Sama seperti Dondurma yang dalam bahasa Turki berarti beku, Gelato dalam bahasa Italia pun memiliki arti yang sama.

Tapi tahukah Mama bahwa es krim dan gelato sebenarnya memiliki perbedaan dalam hal bahan, cara pembuatan dan teksturnya?

Gelato sebenarnya dibuat pada suhu yang lebih tinggi dibandingkan es krim biasa. Dengan demikian, gelato memiliki tekstur yang lebih halus. Kandungan lemak dalam gelato juga lebih rentah dibandingkan es krim biasa.

5. Paletas (Meksiko)

Berbeda pada es krim yang biasanya memiliki rasa creamy dan terbuat dari bahan utama susu, paletas justru lebih segar karena terbuat dari buah-buahan.

Paletas di Meksiko tersedia dalam dua varian: paletas de aguas dan paletas de leche. perbedaannya ada pada bahan pembuatnya. Paletas de aguas terbuat dari air dan jus buah segar, sementara paletas de leche terbuat dari susu dan cream.

Yang unik, saat kali pertama mencoba paletas biasanya akan terasa ada sensasi asin atau pedasnya, lho!

6. Kulfi (India)
 

Di India, jenis es krim yang populer adalah kulfi. Kulfi dijual dengan menggunakan panci besar yang diisi dengan es dan garam, yang lebih dikenal sebagai matka. Kulfi terbuat dari susu yang direbus selama satu jam, kemudian dibentuk kerucut.

Sensasi unik rasa dari kulfi terbentuk karena bumbu tambahan seperti pistachio, kunyit dan kapulaga yang diberikan untuk menambah rasa. Berminat mencobanya, sobat?

7. Pagoto (Yunani)
 

Es krim khas dari Yunani dikenal juga dengan sebutan pagoto, Ma. Es krim ini merupakan gabungan dari gelato dan dondurma, sehingga memiliki keunikan tersendiri yakni rasanya yang khas dan teksturnya yang lembut namun tetap kenyal.

Untuk varian rasa, pagoto memiliki pilihan yang cukup banyak seperti gelato pada umumnya.

8. Sorbetes (Filipina)
 

Sorbetes khas Filipina terbuat dari campuran susu sapi dan caracao alias air kelapa. Biasanya, sorbetes dijual dengan menggunakan roti atau wafer cone. Sorbetes kadang-kadang disebut juga dengan sorbet.

Pilihan rasa yang paling populer adalah rasa keju. Supaya tidak cepat meleleh, penjual sorbetes biasanya menambahkan sedikit garam pada adonannya.

9. Ais Kacang (Malaysia dan Singapura)

Berkunjung ke Malaysia dan Singapura, jangan lupa mencoba ais kacang khas di sana ya, Ma. Sesuai dengan namanya, kacang menjadi bahan pelengkap yang utama untuk penyajiannya.

Ais kacang biasanya disajikan dengan es serut dan kacang merah. Ada pula yang menambahkan variasi seperti dengan krim jagung, sirup, dan jeli yang segar.

10. J-Cone (Korea Selatan)

Dilansir The Odyssey Online, cone untuk es krim biasanya memiliki bentuk kerucut, tapi pada J-cone disediakan cone berbentuk tabung seperti huruf J. Es krim dengan berbagai pilihan rasa pun disajikan di bagian ujung cone. Pada umumnya, cone terbuat dari remahan jagung dan menyerupai churro. Saat ini sudah banyak dijual J-cone di pasaran lho, Ma.

Demikian informasi tentang berbagai jenis es krim yang favorit di seluruh dunia. Di antara berbagai jenis es krim tersebut, mana yang sudah pernah Mama coba?

Selamat mencoba..
 

Tag: Es Crime , Seluruh Dunia, Favorit

Resep Bihun Madu khas Malaysia ala Mama Bunda

408 view • 12 bulan yang lalu

Resep ayam goreng mentega andalan mama bunda

178 view • 1 tahun yang lalu

Resep Somay Spesial Andalan Mama Bunda 😘😘

129 view • 12 bulan yang lalu

Resep Bubur ayam Andalan Mama Bunda

127 view • 8 bulan yang lalu

Resep Bakso Malang ala Mama Bunda

115 view • 11 bulan yang lalu

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.