TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

TIPS SUKSES BUDIDAYA TANAMAN KENCUR

blewuk vox | Rabu, 06 Nov 2019 - 10:24 AM

                            TIPS  SUKSES BUDIDAYA KENCUR 
   Bagi anda tentu tidak asing lagi dengan yang namanya kencur.Kencur adalah salah satu tanaman yang penyebaran cukup luas di wilayah indonesia.Kencur memiliki ukuran dalam bentuk kecil yang dapat merumpun dan mendatar rata dengan permukaan tanah.Tanaman kencur yang banyak di manfaatkan adalah bagian rimpangnya.Rimpang  kencur sering digunakan sebagai bumbu rempah untuk membuat suatu makanan.Selain digunakan sebagai bahan rempah makanan kecur juga bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat jamu. 
  Tanaman kencur sangat mudah di temukan di indonesia.Banyak masyarakat di daerah perdesaan yang membudidayakan kencur.Budidaya kencur sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.Supaya tanaman kencur dapat tumbuh dengan subur anda harus memperhatikan lahan tanah yang di gunakan. Tanaman kencur dapat tumbuh pada tanah yang berwarna hitam dan berpasir.Tanaman memiliki daun yang sangat lebat dan berbentuk bulat melebar dengan bagian ujungnya mengecil.Warna daun hijau gelapa sehingga tampak terlihat segar dan memiliki permukaa yang tebal dan mulus. 


 BERIKUT CARA PENANAMAN KENCUR 
1. MEMILIH TANAH YANG TERBUKA 
Hal pertama yang harus dilakukan adalah pemilihan tanah atau lahan terbuka untuk menanam kencur. Kencur haruslah ditanam di tanah yang terbuka dan mendapatkan cukup sinar matahari. 
Tanah juga harus memiliki akses drainase yang baik. Hal ini semua terkait dengan sifat alami kencur yang cukup peka terhadap kelembaban dan terbilang sangat rentan terhadap resiko kebusukan. 
2. MENGGEMBURKAN TANAH 
Salah satu hal yang harus diketahui dalam cara menanam kencur dengan media tanah adalah proses penggemburan tanah. Ya, setelah menemukan lahan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, tanah harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum diberi bibit kencur atau singkatnya tanah harus digemburkan. Caranya adalah dengan mencangkul tanah kira-kira sedalam 20 hingga 30 cm. Penggemburan ini bisa dilakukan sebanyak 2 hingga 3 kali sampai tanah benar-benar gembur. 
3. MEMBUAT PETAKAN UNTUK PENYEMAIAN 
Langkah selanjutnya adalah pembuatan petak untuk bibit kencur. Petak dapat dibuat sejajar dan teratur, kira-kira selebar 3 meter hingga 4 meter (sesuaikan saja dengan ukuran lahan). 
Setelah itu, pisahkan petak dengan parit-parit. Selain utuk membuat tanaman kencur nantinya tidak terlalu berdempetan, parit juga berguna untuk pengairan atau drainase tanaman nantinya. 
4. MENANAM RIMPANG KENCUR DALAM PETAK 
Setelah tanah siap, tanamlah rimpang kencur atau biji kencur. Untuk media tanam berupa tanah, rimpang kencur dapat dipilih yang berukuran agak besar. 
Rimpang kencur sebaiknya didapatkan dari tanaman kencur yang sehat dan sudah berusia minimal 8 bulan. Banyak orang yang sukses dalam mempraktekkan cara menanam kencur dengan memilih rimpang kencur berkualitas baik. 
5. MERAWAT TANAMAN KENCUR DALAM TANAH 
Untuk perawatan tanaman kencur dalam tanah terbuka, fokuskan perawatan pada pengendalian hama. Tanah terbuka rentan terhadap serangan hama tanaman, termasuk ulat pemakan daun. Buang ulat atau hama yang terlihat secara manual. Tapi, jika sudah terlalu banyak, gunakan insektisida agar prosesnya lebih cepat dan efisien. 
6. MEMANEN KENCUR DARI DALAM TANAH 
Setelah kencur berusia 8 hingga 12 bulan, kencur sudah siap dipanen. Untuk kencur yang ditanam dalam tanah, cara memanennya adalah dengan menarik tanaman keluar hingga akar rimpangnya kelihatan. Tarik langsung dengan tangan, atau jika kencur terlalu besar dan berat, gunakan alat bantu berupa sabit atau sekop kecil untuk menarik tanaman. 


Demikian tips budidaya kencur,semoga bermanfaat. 
 

Baca juga
biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.