Tips & Trik

Pemasaran Media Sosial: Cara Membuat Merek Pribadi yang Kuat

profile
29 Oct 2019
Pemasaran Media Sosial: Cara Membuat Merek Pribadi yang Kuat

Tahukah Anda, bahwa perusahaan dan organisasi bukan satu-satunya yang membutuhkan branding yang solid? 

Personal branding, seni menciptakan karier yang meningkatkan merek untuk Anda sendiri, juga penting. Seperti halnya merek tradisional, personal branding memberi Anda suara yang unik, gambar tanda tangan, dan standar yang dapat dikenali yang mudah dikenali oleh pelanggan, pembaca, dan penggemar Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan Anda semua informasi yang perlu Anda ketahui tentang personal branding di situs media sosial. 

Personal branding menjadi sangat penting karena audiens lebih memercayai individu daripada perusahaan dan organisasi. Orang-orang terbiasa melihat iklan di mana-mana dan mereka percaya perusahaan dan organisasi berbicara dan mengambil tindakan dengan hanya memikirkan penjualan. 

Di sisi lain, personal branding memungkinkan Anda untuk membangun identitas dan reputasi Anda pada tingkat interaksi yang lebih pribadi, yang membangun kepercayaan. Selain itu, orang ingin melakukan bisnis dengan orang lain dan tidak dengan perusahaan yang tidak terlihat. Membangun merek pribadi yang kuat di garis depan dengan tim penjualan dapat secara signifikan meningkatkan tingkat konversi Anda. 

Apakah Anda menggunakan merek pribadi Anda untuk lepas, berkonsultasi, atau mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda, penting untuk membangun satu agar tetap kompetitif. Merek pribadi online tidak hanya penting untuk berbagi hal-hal yang Anda sukai. Saat ini, dapat memainkan peran penting juga dalam mengembangkan bisnis Anda atau mendapatkan pekerjaan yang hebat. 

Sekitar 80 persen pekerjaan kompetitif ditemukan di pasar kerja melalui koneksi pribadi dan jaringan. Masa lalu membuat resume yang sempurna dan mengirimkannya ke semua posting pekerjaan yang ditemukan online jarang sama efektifnya dengan jaringan. Pengusaha masih meminta formalitas resume dari tradisi, tetapi jika Anda mencari pekerjaan kreatif yang menyenangkan, Anda harus menggunakan teknik dan strategi berikut untuk membangun merek pribadi yang mapan. 

Top 10 Tips Cara Membangun Merek Pribadi Anda di Media Sosial

1) Tentukan Bidang Keahlian Anda 
Merupakan ide bijak untuk mengembangkan merek Anda di ceruk yang sangat unik dan spesifik. Membangun fokus niche yang unik akan memberi Anda lebih banyak peluang untuk membuktikan bahwa Anda memahami apa yang Anda bicarakan. Meskipun audiens target Anda mungkin sedikit lebih kecil, itu akan jauh lebih relevan. Ini juga tidak berarti Anda tidak dapat memiliki lebih dari satu fokus keahlian. 

Sebelum Anda berseru keahlian tunggal di media sosial, Anda harus menentukan apa yang Anda sukai. Ini bisa lebih sulit daripada kedengarannya. Alih-alih berfokus pada satu hasrat atau keahlian, tulislah daftar sebanyak mungkin yang muncul di benak Anda dan lihat apakah ada garis-seling antara topik yang menutupi hasrat Anda. Jika banyak topik mewakili bidang minat Anda, Anda bisa menjadi ahli dalam banyak topik, satelit di sekitarnya. Cobalah untuk memilih antara satu hingga tiga topik. 

2) Mulai Menulis Konten Berkualitas 
Setelah menentukan area fokus Anda, sekarang saatnya untuk membangun reputasi Anda, dan metode paling efektif untuk melakukannya adalah dengan memamerkan keahlian Anda. 

Pemasaran konten adalah cara paling efektif untuk membangun reputasi dan merek pribadi Anda secara online. 

Ketika orang mencari informasi online, mereka cenderung untuk kembali ke situs yang bermanfaat bagi mereka di masa lalu. 

Jika Anda dapat menjadikan situs web Anda sumber informasi tepercaya secara online dengan membuat konten yang selalu hijau, maka seiring waktu, Anda akan dikenal sebagai pakar di bidang spesifik Anda. 

Jika Anda memulai dan belum cukup ahli, jangan khawatir. Alih-alih, fokuslah untuk mendokumentasikan perjalanan Anda menuju menjadi seorang ahli. Anehnya, Anda akan menemukan seberapa cepat Anda dapat membangun pengikut. Ini karena fakta bahwa orang-orang akan dipaksa untuk belajar bersama Anda. Namun, agar Anda berhasil dengan pendekatan ini, Anda harus transparan dan mendokumentasikan kemenangan Anda serta kekalahan Anda. 

Penonton dapat mencium bau palsu dari jarak satu mil. Mereka akan dengan cepat dapat mengetahui apakah Anda mencoba untuk membantu mereka belajar atau jika Anda hanya mencoba menjual kepada mereka. Jangan menjadi yang terakhir. Jika Anda memang mencoba menjual selama fase ini, buatlah itu jarang dan dapatkan hak untuk menjual. Ikuti aturan 80/20 untuk menyediakan konten yang bagus, 80 persen dari waktu dan hanya menjual 20 persen dari waktu. 

Ini adalah ide bagus untuk memulai blog Anda sendiri dan memperbaruinya secara teratur, tetapi juga terbaik untuk memulai blogging tamu di blog lain. Dalam dunia terobsesi media sosial saat ini, ia juga membayar untuk membuat vlog dan video tutorial YouTube untuk membantu audiens Anda belajar. Ini mungkin banyak pekerjaan, tetapi itu akan membuahkan hasil dalam jangka panjang. 

3) Selesaikan Detail Profil Media Sosial Anda 
Jika konten hebat adalah bahan bakar untuk merek Anda, media sosial adalah mesinnya. Luangkan waktu yang cukup dan bangun profil media sosial Anda, seperti Facebook, LinkedIn, dan Twitter, dan pastikan mereka konsisten dengan standar merek pribadi Anda. 

Anda dapat memposting pembaruan secara berkala dan tidak pernah takut memposting ulang konten berkualitas lama Anda agar dapat dilihat oleh audiens baru. Pastikan untuk terus memperbarui konten, sehingga relevan. Tidak ada yang lebih buruk daripada menerima konten lama yang tidak dapat digunakan. 

4) Kembangkan Studi Kasus 
Jika Anda ingin mendapatkan kepercayaan dari pengikut merek pribadi Anda, adalah bijaksana untuk berbicara di acara-acara dan membuat beberapa studi kasus. Bekerja bersama dengan rekan kerja masa lalu atau sekarang Anda dan pelanggan potensial untuk mengembangkan dan menyajikan narasi yang solid. 

Kebanyakan orang menyukai kisah nyata lebih dari spekulasi dan janji. Karena itu, buktikan apa yang telah Anda lakukan dengan memberi audiens studi kasus yang dapat dipahami. Selain itu, Anda juga harus mencari acara berbicara di lokasi Anda untuk memberi Anda kesempatan untuk menunjukkan keahlian Anda saat Anda terhubung dengan audiens baru. Melakukan ini akan menuai manfaat. 

5) Jaringan Sebanyak Mungkin 
Di dunia nyata dan di media sosial, kunci untuk mempertahankan pertumbuhan merek pribadi Anda adalah jaringan secara luas. 

Pastikan Anda terlibat dengan orang lain di bidang spesifik Anda, terhubung dengan influencer sosial yang memiliki koneksi yang tepat, dan berhubungan dengan orang lain yang mungkin berharga dalam membantu Anda memasarkan keahlian Anda. 

Satu nasihat: jangan pernah mengabaikan influencer. Orang yang Anda abaikan selalu dapat sangat membantu Anda di masa depan, tetapi hanya jika Anda memelihara hubungan. Anda juga dapat menghadiri acara jejaring profesional untuk terhubung dengan influencer sosial yang hadir di wilayah Anda. 

Terlibat dalam diskusi komunitas kapan saja Anda bisa. Semakin banyak peluang yang Anda miliki untuk terhubung dan berbicara dengan orang lain, semakin banyak suara Anda akan didengar. 

6) Bersihkan Akun Anda 
Sebagian besar prospek bisnis dan calon majikan mungkin ingin memeriksa Anda di situs media sosial Anda sebelum melakukan bisnis apa pun dengan Anda. Karena itu, penting agar Anda berperilaku profesional secara online. 

Jika akun media sosial Anda terdiri dari bahasa dan foto tidak resmi, Anda mungkin dipaksa untuk membuka akun baru atau menghapus semua posting sebelumnya yang dapat menggambarkan merek Anda dalam cahaya negatif. Jika Anda ingin menyimpan akun Anda untuk penggunaan pribadi, pastikan Anda mengatur akun Anda untuk pribadi dan selektif tentang orang-orang yang terhubung dengan Anda. Jika tidak, bersihkan akun Anda dan buat citra merek yang konsisten antara Facebook, Twitter, Instagram, dan LinkedIn Anda. 

7) Temukan Platform Terbaik untuk Bisnis Anda 
Menurut Oberlo, jumlah rata-rata waktu yang dihabiskan pengguna biasa di situs media sosial sehari adalah 2 jam dan 22 menit, menjadikannya media terbaik di mana Anda dapat membangun merek pribadi Anda. Ada begitu banyak jejaring sosial online, tetapi kebanyakan dari mereka tidak layak menginvestasikan energi dan waktu Anda. 

Untuk memastikan Anda menemukan platform terbaik yang mendukung citra merek pribadi Anda, pertimbangkan faktor-faktor berikut: 

Facebook memiliki basis pengguna yang heterogen. Hampir tiga perempat orang dewasa menggunakan platform ini, menjadikannya media yang hebat untuk mempromosikan hampir semua merek. 


Jika merek pribadi Anda bergantung pada gambar, maka Instagram adalah pilihan terbaik untuk merek pribadi Anda. Ini adalah platform yang terbaik untuk merek eCommerce, seperti perusahaan pakaian dan pengecer. Selain itu, ini sangat efektif untuk terlibat dengan orang dewasa muda. 


Pemasaran video terus meningkat. Dengan sebagian besar orang sekarang menggunakan konten di ponsel mereka, mudah untuk melihat mengapa konten video unggul. Instagram sekarang menggunakan video vertikal bentuk panjang pada platform IGTV dan YouTube menjadi lebih di mana-mana di semua jenis perangkat, yang hanya akan mendorong pemasaran video lebih jauh. 


Di sisi lain, Pinterest adalah platform yang sangat baik untuk terhubung dengan wanita, terutama untuk merek pribadi yang menjual pakaian atau perhiasan. 


8) Seberapa Sering Anda Mengirim? 
Keluaran informasi yang konsisten adalah darah kehidupan dari strategi media sosial Anda, tetapi seberapa sering Anda memposting? Menurut penelitian yang dilakukan oleh Buffer, jumlah optimal posting per platform bervariasi dari platform ke platform: 

- Facebook - posting 2 kali sehari 
- LinkedIn - posting 1 kali per hari 
- Twitter - memposting 5 kali sehari 
- Pinterest - memposting 5 kali sehari 
- Instagram - memposting 1,5 kali per hari 
- Google + - memposting 2 kali per hari 
 

9) Bersikap Gigih dan Konsisten 
Menurut penelitian Yankelovich, kami terpapar sekitar 5.000 pesan iklan setiap hari. Cukup kembangkan pesan branding Anda, dan sampaikan berulang kali dengan cara yang sama. Buat gaya, warna, misi, tagline, dan logo merek yang konsisten karena konsistensi adalah kuncinya. 

Tetapkan standar merek pribadi Anda! Anda dapat mencoba berbagai strategi pemasaran untuk melihat orang-orang yang membawa lalu lintas dan konversi terbaik ke situs web Anda. Periksa di mana pesaing Anda menghabiskan uang dan waktu mereka, lalu putuskan apakah Anda ingin melakukan hal yang sama. Untuk mengetahui bagaimana pesaing Anda menghabiskan waktu dan uang mereka, periksa SpyFu. 

Perhatikan bahwa apa yang efektif untuk pesaing Anda mungkin tidak cocok untuk Anda, tergantung pada niche Anda. 

10) Terlibat dengan Komunitas Anda Sebisa Anda 
Apakah itu komunitas lokal atau komunitas online, pergilah ke sana, bersosialisasi, dan berikan kembali kepada komunitas Anda. Anda dapat mensponsori perlombaan amal setempat atau liga atletik. Beri sumbangan ke perusahaan nirlaba favorit Anda, atau sukarela untuk melayani di dewan. 

Semakin komunitas Anda percaya dan mengenal Anda lebih baik, semakin besar kemungkinan orang akan merekomendasikan produk dan layanan Anda. 

Apa Manfaat Membangun Merek Pribadi di Media Sosial? 

Manfaat terbaik adalah pangsa pasar yang besar. Situs media sosial berisi jumlah koneksi terbesar, dan mereka mendapat perhatian terbesar dari basis pengguna mereka. 

Melibatkan diri Anda di dalamnya adalah cara terbaik untuk bertemu pemirsa baru dan juga membuat merek Anda dilihat secara terbuka oleh orang lain. Anda juga dapat memperhatikan bahwa banyak orang yang menggunakannya terhubung ke pasar ponsel. 

Selama 5 tahun terakhir, jumlah orang yang mengakses situs media sosial, seperti Twitter dan Facebook dari ponsel pribadi mereka telah meningkat secara signifikan. Ini adalah berita bagus bahwa para pengguna energik, bersemangat, dan masih muda. 

Bahkan, manfaat branding pribadi di situs media sosial akan berubah dari orang ke orang. Koneksi yang Anda bangun dengan jaringan dengan orang-orang memiliki banyak potensi. Dunia telah menjadi lebih kecil daripada 100 tahun yang lalu, dan kami memperhatikan pengetatan sistem ini setiap bulan. 

Bahan Rahasia Keberhasilan Media Sosial 

⇒ Palet Warna yang Sesuai 
Jika Anda memeriksa warna merek populer, Anda akan melihat mereka menggunakan warna yang sama berulang-ulang dalam teks, gambar, dan bahkan logo mereka. Pilih warna yang akan Anda gunakan di semua aktivitas media sosial Anda. Ini akan membantu pelanggan potensial Anda menjadi lebih akrab dengan merek pribadi Anda. 

Memahami psikologi warna juga dapat membantu Anda mencerminkan perasaan yang perlu Anda bangkitkan dari audiens. Pastikan warna yang Anda gunakan mencerminkan kepribadian merek Anda, dan jangan pernah melakukan kesalahan dalam memilih warna yang tidak relevan dengan kepribadian merek Anda. 

⇒ Font yang Sesuai dengan Kepribadian Merek Anda 
Pastikan Anda memilih font yang mencerminkan kepribadian merek Anda. Apakah Anda perlu memilih font yang lebih sederhana atau font yang kuat? Dan sebaiknya Anda memilih font yang elegan? 

Pertimbangkan memilih tiga font: satu untuk judul atau judul Anda, yang kedua untuk subtitle Anda, dan yang ketiga untuk teks tubuh Anda. Jika Anda memilih warna dengan bijak, audiens Anda akan sangat terkesan. Gunakan font Anda secara konsisten di semua materi Anda. Judul Anda harus memiliki ukuran font terbesar dalam desain Anda. 

⇒ Mempercepat Berbagai Hal dengan Menggunakan Template 
Apakah Anda memiliki templat untuk semua aktivitas media sosial Anda? Apakah logo Anda dirancang sama setiap kali Anda menggunakannya? Menghadirkan panduan gaya akan membantu Anda memastikan bahwa semua elemen merek pribadi Anda tampil harmonis. 

Cara paling efektif dan efisien untuk membuat tata letak media yang mudah adalah dengan membuat template. Perlu diingat bahwa setiap platform media sosial memiliki dimensi gambar ideal yang berbeda. Karena itu, pastikan Anda memenuhi grafik Anda untuk dimensi tersebut, tetapi pertahankan penempatan font, logo, dan warna Anda secara konsisten di seluruh desain Anda. 

Merek pribadi seperti taman. Setelah Anda meletakkan dasar dan menanam benih, pada akhirnya Anda akan menuai manfaatnya. Jangan lupa, masih membutuhkan waktu dan komitmen yang cukup untuk memelihara dan mengembangkan merek pribadi Anda. 

Saat Anda terus membangun dan mengembangkan merek Anda, konsistenlah dengan upaya Anda, perhatikan bagaimana audiens Anda bereaksi terhadap konten Anda, dan bangun merek Anda sampai fokus Anda tajam. Berani berbeda dan menghidupkan identitas online Anda. Pertahankan hubungan yang erat dengan orang-orang yang Anda inginkan, dan ingatlah bahwa teknologi hanyalah alat. 

Situs media sosial hanya menyediakan sarana untuk mencapai tujuan. Perhatikan bahwa jika Anda mengembangkan merek pribadi yang mapan, Anda pasti akan menuai manfaatnya.