TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Mau kuliah di PKN STAN? Ketahui dulu jurusan-jurusan yang ada di PKN STAN

Falana Rofako | Senin, 21 Oct 2019 - 11:44 PM

     Pasti bagi sebagian besar siswa-siswa kelas 12 atau siswa yang memutuskan gapyear ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, yang mana ingin mendapatkan perguruan tinggi yang berkualitas dan tentunya yang sesuai dengan mimpi atau cita-cita. Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Banyak siswa-siswa yang mengincar atau memimpikan untuk berkuliah disana. 

     Dikarenakan tidak dipungut biaya dalam proses perkuliahan menjadi alasan utama untuk memilih PKN STAN. Tidak hanya itu saja mahasiswa PKN STAN juga diberikan kebutuhan-kebutuhan lainnya secara gratis seperti buku catatan, bulpoin, kotak pensil, dan flashdisk yang menunjang dalam proses perkuliahan. Dan yang paling menggiurkan ketika menjadi bagian dari PKN STAN adalah dijaminnya pekerjaan, jadi setelah lulus lulusan PKN STAN tidak payah-payah lagi untuk mencari perkerjaan lagi. Adapun lulusan PKN STAN akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang disebut juga Pegawai Negeri Sipil (PNS).

PKN STAN menyediakan 4 jurusan atau spesialisasi yaitu:

  1. Akuntansi
  2. Perpajakan
  3. Kepabeanan dan Cukai
  4. Manajemen Keuangan
sumber: infopknstan.net
Baca juga

1. Akuntansi

     Jurusan akuntansi atau yang biasa disebut dengan "kalung kuning" ini hanya terdapat satu program studi saja yaitu Diploma 3 Akuntansi. Mahasiswa jurusan akuntansi dididik untuk menjadi ahli akuntansi manajemen atau managerial accounting. Dan lulusan jurusan akuntansi diharapkan dapat menguasai proses pencatatan, klarifikasi, peringkasan, pengolahan, dan pengkajian semua data transaksi serta kejadian yang berkaitan dengan keuangan. Lulusan jurusan akuntansi dapat ditempatkan di bawah kementrian keuangan atau bisa juga ditempatkan di mitra-mitra kementrian keuangan.

2. Perpajakan

     Jurusan perpajakan menjadi jurusan yang paling diminati di PKN STAN. Tak heran kalau untuk menjadi mahasiswa perpajakan PKN STAN harus berkerja keras. Mahasiswa perpajakan identik dengan kalung kuning. Jurusan perpajakan menyediakan dua program studi yaitu:

a. D-I Pajak

b. D-III Pajak

c. D-III PBB Penilai

     Secara umum spesialisasi perpajakan mempelajari cara bagaimana cara menyusun laporan perpajakan. Namun hal tersebut merupakan kompetensi lulusan perpajakan secara umum. Untuk spesialisasi perpajakan di PKN STAN diajarkan juga hal hal yang berkaitan dengan aktivitas tata usaha, administrasi pajak sebagai pemungut pajak serta hubungannya dengan pemasukan dan keuangan negara.

     Penempatan kerja: Sebagian besar di Direktorat Jenderal Pajak (DJP), tapi ada juga yang ditempatkan di BPK, BPKP, Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK).

3. Kepabeanan dan Cukai

     Jurusan kepabeanan dan cukai hanya Ada di PKN STAN, sehingga jurusan kepabeanan dan cukai menjadi jurusan istimewa di PKN STAN. Jurusan ini berbeda dengan jurusan-jurusan lain yaitu membutuhkan kekuatan fisik yang prima untuk menjadi mahasiswa kepabeanan dan cukai. Kalung biru merupakan tanda untuk mahasiswa kepabeanan dan cukai. Jurusan kepabeanan dan cukai menyediakan dua program studi yaitu:

a. D-I Kepabeanan dan Cukai

b. D-III Kepabeanan dan Cukai

     Program studi D-I terbuka untuk perempuan dan laki laki. Sedangkan untuk program studi D-III nya dikhususkan untuk laki laki saja. Pendidikan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai, atau lebih sering disebut spesialisasi bea cukai, bersifat semi militer.

     Spesialisasi ini diproyeksikan untuk menghasilkan lulusan-lulusan berkompeten di bidang bea dan cukai. Bea dan cukai adalah suatu regulasi yang berkaitan erat dengan transaksi jual-beli antar negara, transaksi jual-beli barang barang yang peredarannya perlu diawasi, dan  transaksi jual-beli barang barang yang pengkonsumsiannya perlu dikendalikan.

4. Manajemen Keuangan

     Dan jurusan yang terakhir yaitu manajemen keuangan. Jurusan Manajemen Keuangan dikenal dengan kalung merah. Jurusan manajemen keuangan menyediakan dua program studi yaitu:

a. D-I Kebendaharaan Negara

b. D-III Kebendaharaan Negara

     Kebendaharaan negara berarti mempunyai tugas mengurus keuangan negara. Kira-kira itulah yang dipelajari dari spesialisasi Kebendaharaan Negara ini, mempelajari seluk beluk keuangan negara, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta pelaporan dari penggunaan uang negara itu.

c. D-III Manajemen Aset

     Spesialisasi ini dibuat untuk menghasilkan mahasiswa yang akan menjadi lulusan dengan kompetensi manajemen dan pengelolaan aset negara. Spesialisasi ini berkaitan dengan usaha usaha negara yang disewa asetnya oleh pihak lain. 

Jurusan manajemen keuangan dapat ditempatkan di kementrian keuangan atau bisa juga ditempatkan di kementrian-kementrian lainnya.

Tag: Spmbpknstan, Pknstan, Stan, Cpns, Pns, Asn, Kedinasan, Perguruantinggi, Sbmptn, Utbk, Snmptn, Ujuannasional, Ujiansekolah, Ujianmandiri

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.