TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Jangan Sepelekan Lendir! Ini Manfaat Pentingnya Bagi Tubuh Kita

Indra Setiawan | Kamis, 17 Oct 2019 - 02:16 PM

Benda satu ini memang tampak menjijikan. Tak hanya bagi masyarakat awam, di dunia medis pun persepsi tersebut juga kerap berlaku. Maka tak heran, tak banyak kajian tentang khasiat dan fungsi lendir bagi tubuh kita.

Padahal sebagaimana diungkap penelitian teranyar, lendir ternyata berfungsi memperkuat sistem kekebalan tubuh kita.

Ilustrasi: via liputan6.com

Sebuah jurnal ilmiah yang dikeluarkan Nature Microbiology menunjukkan bahwa lendir memiliki kandungan gula yang dapat melawan bakteri berbahaya. Jurnal tersebut dibuat oleh Katharina Ribbeck dari Massachusetts Institute of Technology. Selama lebih dari satu dekade, ahli biofisika itu meneliti lendir secara komprehensif.

Baca juga

Sebagaimana dikutip dari Pikiran Rakyat (17/10/2019), Ribbeck meneliti suatu senyawa dalam lendir yang disebut mucin. Mucin memiliki rantai molekul panjang dan mengandung banyak senyawa gula. Nah, kandungan gula tersebutlah yang berperan melawan bakteri jahat.

Meski demikian Ribbeck mengatakan tidak semua bakteri perlu dibasmi. Dari sekitar triliunan mikroba yang tumbuh di dalam dan di luar tubuh manusia, faktanya jumlah bakteri berbahaya sangat sedikit. Ia mencontohkan mikro organisme dalam lendir saluran pencernaan justru membantu proses pengolahan makanan.

Manusia menyediakan rumah bagi mikroba. Sebagai imbalannya, mereka membantu berbagai proses penting dalam tubuh,” kata Ribbeck sebagaimana dikutip Washington Post.

Ilustrasi: via duniailkom.com

Untuk menguji kekuatan lendir dalam melawan bakteri, para peneliti mengumpulkan air liur dalam sel epitel manusia dan dimasukkan ke dalam usus babi. Hasilnya kandungan gula dalam lendir ternyata membantu menyembuhkan infeksi luka bakar pada babi.

Dari hipotesa tersebut para ilmuwan menyimpulkan bahwa senyawa dalam lendir punya banyak kegunaan bagi tubuh manusia. Kegunaan itu antara lain menghambat berbagai sifat genetik bakteri seperti membunuh mikroba lain, melepaskan toksin, serta komunikasi antar sel hingga membentuk suatu koloni.

Tag: Lendir, Manfaat Lendir, Kekebalan Tubuh, Hasil Penelitian, Imunitas Tubuh Manusia

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.