TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Desa Ini Tawarkan Wisata Unik, Nyasar di Danau dan Hutan, Anda Berani?

Indra Setiawan | Sabtu, 12 Oct 2019 - 02:04 PM

Ilustrasi: mitrakaruniasehati.com

Sebuah destinasi wisata umumnya menawarkan paket rekreasi yang terpandu. Melalui bantuan tur guide para wisatawan diajak mengeksplorasi setiap sudut panoramanya. Akan tetapi tak demikian halnya dengan destinasi wisata yang terletak di Cikarang Bekasi ini. Pasalnya pengelola malah menganjurkan wisatawan untuk nyasar.

Ya, nyasar alias tersesat justru menjadi paket andalan bagi Desa wisata Hegarmukti yang terletak di samping Gerbang Tol Cikarang Pusat, Deltamas, Kabupaten Bekasi. Dikutip dari Pikiran Rakyat (11/10/2019), desa tersebut memiliki danau bernama Rawa Binong seluas 11,6 hektar yang mempersilakan para wisatawannya untuk nyasar di sana.

Tapi tunggu dulu, terminologi nyasar di sini dalam arti mengikuti arus sungai. Paket nyasar juga sebenarnya merupakan rekayasa yang dilakukan pihak pengelola.

Suasana yang damai di danau Rawa Binong. Image: pikiran-rakyat.com
Baca juga

Dalam paket wisata unik tersebut, pengunjung diajak berwisata air menggunakan sepeda air berbentuk naga, paus, atau perahu motor. Di awal perjalanan, wisatawan dapat mengitari danau bagian muka untuk selanjutnya akan dibawa ke sisi paling selatan yang mengarah ke hutan.

Di lokasi tersebut arus air akan lebih kuat sehingga tanpa dikayuh pun sepeda air akan terombang-ambing di tengah danau dan masuk hutan. Saat terombang-ambing itulah, pengelola membuat seakan-akan pengunjung nyasar dari danau menuju hutan belantara.

Perjalanan lalu dilanjutkan menerobos hutan dimana ada sejumlah check point yang telah disediakan. Jika para turis lelah nyasar, di sana disediakan penginapan berupa rumah panggung yang besar yang dapat memuat 10-15 orang. Ada juga rumah-rumah singgah milik warga yang bisa digunakan wisatawan untuk beristirahat.

Untuk ukuran paket wisata sejenis, desa wisata ini terbilang menawarkan rate yang relatif murah. Wisatawan cukup membayar Rp 1,2 juta jika menginap dan Rp 600.000 jika ingin berwisata sehari saja. Untuk yang mengambil paket menginap, wisatawan akan dimanjakan oleh panorama matahari terbit dan tenggelam yang menawan dari balik rerimbunan hutan rindang.

Sepeda perahu berbentuk unik yang disediakan pengelola desa wisata. Image: pikiran-rakyat.com

Wisata nyasar ini rupanya juga mulai banyak diminati, terutama para wisatawan asing. Selain itu Desa Hegarmukti sendiri tercatat dalam daftar 28 desa wisata terbaik di Indonesia.

Pengelola sekaligus Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Suparjo mengatakan, ide wisata unik tersebut sudah dimulai sejak 3 tahun lalu. Perpaduan antara panorama alam dan kekayaan budaya setempat membuat desa wisata itu banyak dikunjungi wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

Pihaknya kini sedang meningkatkan pengembangan dan pembangunan melalui pemberdayaan masyarakat. Ditergetkan, desa wisata unik tersebut akan masuk 3 besar desa wisata terbaik di Indonesia versi Kementerian Desa, Pengembangan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Bagaimana anda berani coba nyasar?

Tag: Destinasi Wisata, Desa Wisata Unik, Wisata Nyasar, Nyasar Di Hutan, Nyasar Di Danau, Bekasi

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.