TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Catat Tanggalnya! Mulai 11 Oktober Gunakan Pelembab Kulit, Terik Matahari Berada di Puncaknya

Indra Setiawan | Senin, 07 Oct 2019 - 08:10 PM

Musim kemarau panjang yang terjadi belakangan ini membuat suhu udara terasa lebih terik dari biasanya. Sejumlah warga di Jawa Barat misalnya mengeluhkan udara yang panas yang disertai tiupan angin kencang.

Akibatnya lantai rumah menjadi mudah kotor karena debu yang terbawa angin. Terlebih lagi bagi warga yang tinggal di pinggir jalan. Disitat dari laman Pikiran Rakyat (7/10/2019), kondisi tersebut akan berlangsung setidaknya hingga pertengahan Oktober nanti.

Ilustrasi: Trubus.id

Forescater Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jatiwangi, Ahmad Faiz Ziyn menghimbau warga agar mewasapadai temperatur udara yang cukup panas tersebut. Pasalnya ia mencontohkan tingkat kelembaban udara wilayah Jatiwangi Majalengka mencapai 80 persen. Sedangkan kelembaban minimumnya berada di angka 38 persen.

Baca juga

Saat ini menurut A Faiz Ziyn, wilayah Jawa dan Nusa Tenggara tengah berada di titik kulminasi utama dua. Sedangkan pada 11 Oktober nanti akan berubah menjadi berada di titik kulminasi 1. Oleh karena itu warga perlu hati-hati dengan dampak yang mungkin ditimbulkan.

Pasalnya temperatur udara yang cukup panas ini akan mengakibatkan kekeringan dan berpotensi terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dehidrasi, serta kulit tubuh akan lebih kering.

Ilustrasi: Kompas.com

Untuk itu ia menyarankan agar masyarakat tidak melakukan pembakaran sembarangan. Hal itu karena cuaca yang panas akan membuat api mudah meluas. Masyarakat juga disarankan membuat tempat penampungan air guna mengatasi kekeringan.

Tak lupa warga juga dihimbau minum air putih yang cukup agar tidak mudah dehidrasi. Selain itu selalu  gunakan pelembab kulit, terlebih lagi ketika hendak bepergian agar kulit tidak mudah kering dan terpapar radiasi matahari.

Tag: Terik Matahari, Udara Panas, Kulminasi Matahari, Pelembab Kulit, Dehidrasi

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.