TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Khusus di Pantai Ini, Arab Saudi Bolehkan Turis Berbikini

Indra Setiawan | Sabtu, 05 Oct 2019 - 11:20 AM

Sejumlah reformasi dan agenda kebijakan yang lebih terbuka pada dunia luar dilakukan pemerintah Arab Saudi sejak 2 tahun lalu. Negeri gurun yang terkenal ketat dan amat tertutup itu kini membuka kebijakan yang sebelumnya terlarang.

Diantaranya, warga perempuan boleh meyetir mobil sendiri, pergi ke bioskop, hingga menonton pertandingan bola secara langsung di stadion. Dari segi pariwisata pemerintahan Mohammed bin Salman (MBS) juga membuka keran seluas-luasnya bagi para turis dan investor.

Dilansir NU Online, otoritas Saudi membuka pintu untuk turis mancanegara dengan merilis program visa kunjungan bagi 49 negara di dunia pada Jumat (28/9/2019) lalu. Visa turis tersebut bisa diurus secara daring atau ketika tiba di Arab Saudi dengan tarif 80 dolar AS atau sekitar Rp1,1 juta per orang.

Jalanan dengan pemandangan yang indah di Laut Merah, Jeddah Arab Saudi. Foto: Republika.co.id
Baca juga

Maka dengan kebijakan tersebut, para para turis asing bisa leluasa mengunjungi beberapa destinasi wisata di Arab Saudi. Selain menerbitkan visa turis, pemerintahan MBS juga tengah membangun mega proyek Laut Merah di kawasan Laut Merah. Resor super mewah itu rencananya dibangun antara Kota Amlaj dan al-Jawh.

Akan tetapi sebagaimana sesuai dengan budaya setempat, terdapat beberapa aturan dan larangan yang wajib dipatuhi para turis. Di antaranya turis perempuan harus mengenakan pakaian sopan, tidak diperkenankan minum minuman beralkohol, dan dilarang memakai bikini di pantai.

Meski demikian ada satu pengecualian yang unik. Pasalnya turis perempuan diperbolehkan memakai bikini di satu pantai tertentu. Dilansir laman edition.cnn.com yang dikutip NU Online, jika peraturan standar internasional diterapkan, maka artinya turis perempuan akan diizinkan untuk berjemur dan berenang memakai bikini.

Foto ilustrasi: Tempo.co

Hanya saja, turis perempuan diperbolehkan mengenakan bikini di pesisir Laut Merah saja. Selain di wilayah tersebut mereka wajib berpakaian sopan, terutama ketika berada di ruang atau fasilitas publik.

Rencananya, fase pertama mega proyek Laut Merah tersebut akan selesai pada tahun 2022. Otoritas Saudi menargetkan satu juta pengunjung per tahun pada tahun 2035 nanti. Hal itu seturut visi 2030 yang kini sedang gencar dicanangkan pemerintahan MBS.

Tag: Laut Merah, Panorama Indah, Jeddah, Arab Saudi, Turis Berbikini

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.