TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Hewan langka,aneh dan unik di Afrika

M ARMANTO | Kamis, 03 Oct 2019 - 02:08 PM

                Tentu, kita tau di Dunia ini tidak hanya manusia saja yang hidup di Dunia ini. Melainkan ada; hewan,tumbuhan,dan manusia itu sendiri. Dari seluruh penjuru Dunia kita tahu banyak sekali jenis spesies yang ada. Mulai dari hewan yang paling kecil hingga hewan yang paling besar ada di Dunia yang luas. Afrika, negara tersebut adalah negara dengan keberagaman hewan yang banyak. Ada banyak jenis hewan di negara tersebut dan berikut ini adalah daftar hewan aneh yang ada di Afrika.

  1. Trenggiling

Trenggiling merupakan hewan dengan penampilan visual yang unik karena dengan tampilan kepala yang lonjong di ikuti lidah yang panjang dan kulit atau sisik yang tajam hewan ini masuk dalam daftar hewan aneh di Afrika. Hewan ini memiliki sistem pertahanannya sendiri ketika merasa terancam atau sedang diserang oleh predatornya,yaitu dengan menggulungkan tubuhnya menjadi seperti bola. Ketika Trenggiling ini menggulungkan badannya maka secara sekilas hewan ini akan terlihat seperti bungan pinus. Hewan ini memiliki nama lain pangolin, saat ini trenggiling terhitung sebagai hewan yang terancam karena akibat dari perburuan yang dilakukan manusia yang menjadikan Trenggiling sebagai bahan obat kuat.

      2. Black Rain Frog

Baca juga

Di liat dari wajahnya saja hewan ini sudah aneh. Bagaimana tidak, jika diperhatikan wajah hewan ini terlihat selalu sedih seperti emoticon sedih. Ukuran hewan satu terhitung kecil pasalnya, ukurannya hanya 5 cm. Terlebih dengan bentuk tubuhnya yang bulat dan pendek benar-benar menambah kesan jelek pada hewan ini. Ketika terancam hewan ini memilki pertahanan yaitu dengan mengambangkan diri seperti balon.

       3. Hammer Haeded Bat

Tinggal di Afrika, habitat hewan ini mulai dari sungai-sungai sampai dengan rawa-rawa biasanya hewan ini tinggal diketinggian kurang dari 1.800 m. Merupakan kelelawar terbesar yang ada di Afrika dan tidak lupa di lihat dari bentuknya sudah jelas hewan masuk kategori aneh karena bentuk kepalanya yang besar dan berbentuk seperti palu. Dengan ukuran sayap yang memliki panjang 28 cm dan lebar 97 cm,pantas saja kelelawar yang satu ini masuk dalam kelelawar terbesar yang ada di Afrika. Namun, saat melihat hewan ini diharapkan untuk berhati-hati karena kabarnya hewan ini bisa menularkan penyakit Ebola.

       4. Okapi

Bagaimana tidak terlihat aneh dari bentuknya saja hewan seolah gabungan dari 3 hewan yang ada. Yaitu, kaki yang mirip dengan kaki Zebra,kepala yang sama dengan kepala Kuda,dan wajah dan lidah yang mirip dengan jerapah. Dengan nama lain Jerapah hutan pada awalnya hewan ini sangat sulit untuk ditemukan, baru pada awal abad 20 an hewan ini ditemukan dipedalam hutan kongo. Termasuk dalam hewan nocturnal dengan kapasitas makan mulai dari 18 sampai 30 kg jenis makanan.

      5. Mondrill

Sekilas hewan ini terlihat sepeerti baboon namun hewan ini berbeda spesie dengan baboon itu sendiri. Merupakan jenis monyet terbesar di Dunia hewan terbilang cantik untuk jenisnya. Karena dengan warna yang menonjol diwajah dan belakang tubuhnya. Menurut penelitiannya warna pada Mondrill jantan akan berubah menjadi menarik saat mereka memasuka masa kawin yang digunakan pejantan untuk menarik perhatian betina. Persebaran hewan ini diantaranya ada di Kongo,Gabon,Kamerun,Guinea Ekuatorial.

      6. Shoebill

Burung dengan ukuran paruh terbesar di Dunia ini biasa hidup di rawa-rawa. Karena makanan hewan ini kebanyakan adalah ikan. Burung ini biasa hidup menyendiri dan mampu mencapai usia 30 tahun dia alam bebas. Persebaran hewan ini diantaranya adalah di Uganda,Zambia,dan Sudan.

       7.Jerboa

Jika dilihat hewan ini mirip dengan tikus namun ada yang berbeda adalah pada ekor dan telinganya. Karena pada hewan ini ukuran ekor yang panjang dan telinga yang lebar seolah terlihat tidak proporsional dengan tubuhnya yang kecil. Pengerat yang berasal dari Afrika Utara ini biasanya hidup di gurun. Dengan ukurannya tersebut hewan merupakan hewan yang pandai melompat dengan lompatan yang mencapai 3 meter dengan kecepatan berlari sampai 24 km/jam.

       8.Monyet Guereza

Hidup di Afrika dengan penampilan bulu berwarna hitam dan putih serta ekor panjang yang menjadikan monyet ini berbeda dengan monyet lainnya. Hewan ini terbiasa hidup dalam kelompok yang mana dalam setiap kelompok biasanya terdiri dari 8 sampai 15 ekor monyet. Kabarnya sampai saat ini jumlah monyet ini hanya tersisa 2000 ekor saja. Dengan jumlahnya itu monyet ini termasuk dalam hewan yang terancam punah.

Yaa, itulah daftar hewan aneh yang ada di Afrika dan kebanyakan dari hewan tersebut adalah hewan yang masuk dalam golongan hampir punah.

Tag: Hewan, Keren, Langka, Monyet, Aneh, Unik, Dilindungi

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.