TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Potret Suram Kemiskinan, Nenek Sadinah Jual 3 Sendok Demi Bisa Makan

Indra Setiawan | Senin, 30 Sep 2019 - 10:25 AM

Masa senja sedianya merupakan masa untuk menikmati hasil jerih payah sewaktu muda. Namun tidak demikian bagi nenek warga Magetan, Jawa Timur ini. Ia bahkan amat kesulitan untuk sekadar bisa makan.

Mbah Sadinah (75 tahun) yang hidup sebatang kara. Foto: Kompas.com

Sebagaimana dilansir kompas (29/9/2019), Nenek Sadinah (75 tahun) begitu kerepotan untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari. Nenek warga Desa Kleco, Kabupaten Magetan, Jawa Timur ini bahkan terpaksa menjual 3 buah sendok miliknya. Ia menjual sendok agar bisa membeli beras untuk makan.

Mbah Sadinah hidup di bawah garis kemiskinan. Ia hidup sebatang kara tanpa suami dan anak. Mirisnya lagi, Mbah Sadinah bukan penerima manfaat sejumlah jaminan sosial seperti BPJS atau yang lainnya.

Baca juga

Untuk bertahan hidup Mbah Sadinah biasanya mencari sisa gabah bekas panen. Ia juga kerap dimintai tolong warga untuk urut dan pijat. Dengan tubuh rentanya Mbah Sadinah juga masih cekatan membuat keripik gadung.

Ilustrasi: Kompas.com

Harmoko, warga setempat yang dimintai tolong Mbah Sadinah mengatakan, ia didatangi simbah pada hari Minggu kemarin agar mau membeli sendok-sendoknya.

“Kejadiannya kemarin, Mbah Sadinah ini ke rumah meminta sendoknya dibeli untuk membeli beras,” ujarnya seperti dikutip kompas.com (29/9/2019).

Niatan Mbah Sadinah menjual 3 buah sendoknya membuat Harmoko terenyuh. Alih-alih membelinya, ia memberi nenek Sadinah beras dengan sukarela. Menurut Harmoko sebenarnya banyak warga lain yang kerap mengulurkan pertolongan pada nenek malang tersebut, akan tetapi ia tak mengetahui mengapa simbah sampai harus menjual sendok.

Meski sudah sepuh Sadinah dikenal sebagai sosok yang ulet. Sebab itulah banyak warga desa yang sayang padanya. Dikatakan Harmoko, kejadian Mbah Sadinah menjual sendok demi beras tersebut baru pertama kali ini terjadi.

Tag: Potret Kemiskinan, Nenk Sadinah, Jual Sendok, Bertahan Hidup

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.