TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Tips Menyikapi Perkembangan Zaman

Rianda Prayoga | Minggu, 29 Sep 2019 - 09:33 AM

Perkembangan zaman akhir-akhir ini memang sangat drastis berubah. Didorong dengan teknologi komunikasi yang semakin canggih.

Mungkin dulu kita gak mengira bila dengan menulis sejumlah kata hingga berupa artikel karya sendiri, bisa menghasilkan uang. Seperti di Biartau.id yang menjadi wadah konten kreator.

Tentunya itu buah hasil kemajuan jaman. Sementara kita juga perlu paham bahwa kemajuan teknologi juga memberi dampak buruk lainnya.

Baca juga

Seperti prilaku manusia yang kecanduan gadget. Berubahnya praktek bisnis, pekerjaan, birokrasi, kesehatan dan pendidiknya. Nyaris setiap sendi kehidupan manusia berubah imbas kemajuan teknologi.

Beberapa orang gagap menghadapi perubahan ini. Sementara ada yang menolak mentah-mentah. Dan apa kita perlu membenci teknologi yang sudah mengusik kenyaman selama ini.

Tidak. Teknologi hanya benda mati yang beroperasi sesuai user, yaitu manusia. Nah, sekarang tinggal manusia yang perlu bijak menyikapi perkembangan jaman.

Tetap tenang

Kemajuan teknologi bukanlah bencana yang dihindari ataupun diratapi. Tetap kendalikan dirimu. Tidak perlu ditakuti. Tetaplah menjadi diri sendiri.

Perubahan merupakan sesuatu yang biasa dalam setiap peradaban manusia. Gak perlu grasa-grusu menyikapinya. Karena itu justru memperburuk kondisi.

Selalu perbarui wawasan dan haus akan informasi

Di jaman serba canggih seperti sekarang, informasi itu salah satu hal yang utama. Jangan pernah merasa sudah merasa cukup akan wawasan yang ada sekarang. Dunia begitu dinamis untuk kamu yang merasa sok tahu. Karena, boleh jadi saat kamu akan tidur malam, besok paginya perkembangan dunia bisa berubah drastis.

Keberadaan informasi dan data bagaikan sebuah ladang emas, sangat berharga sekarang ini. Penjualan online saat ini tentu tidak akan sebesar sekarang, bila sistem penjualan tanpa memanfaatkan data dari minat calon konsumen.

Jadi, bila kamu pikir banyak baca itu kutu buku, kuper dan cupu. Hadeh, kelaut saja. Nantinya siapa yang selalu update dengan perkembangan, maka dia tidak mudah tertinggal arus zaman.

Jangan terlalu keras kepala

Memiliki pendirian itu penting. Tapi kemajuan jaman juga menuntut pleksibelitas setiap individu. Pleksibel disini berarti menyesusai diri dengan perubahan, namun tidak meninggalkan nilai-nilai budaya dan agama.

Seperti di poin sebelumnya, selalu perkaya informasi. Sebagai pertimbangan dari apa yang ingin dilakukan. Bersikaplah terbuka dengan perubahan. Terlalu keras kepala itu gak baik. Mungkin saat ini pemikiran kamu benar, tapi siapa tahu besok pagi kamu bangun tidur dunia sudah berubah.

Tetap fokus berkarya

Terserah deh dunia mau berlari sekencang apapun. Tetapi kamu tetap fokus pada apa yang ingin kamu lakukan. Bukan sekedar berlari mengejar dunia.

Cara untuk tetap mengimbangi dinamisnya dunia dan bertahan dari gerusan jaman ialah dengan karya. Temukan bakatmu dan terus diasa. Gak usah galau sama dunia yang semakin gak menentu. Terpenting ialah mana karyamu!

Jangan ragu untuk mencoba hal baru

Akan banyak pengalaman-pengalaman baru imbas kemajuan teknologi. Siapa tahu kedepannya bakal banyak robot yang kamu lihat di tempat umum, banyak mobil autonom dijalanan, sampai toko yang tak perlu pelayan lagi.

Segala hal yang baru tentu ada sang pionir yang berani mencoba sesuatu yang baru. Apa kamu salah satu pionir itu? Tentunya dalam arti positif ya.

Jangan menutup diri dari perubahan. Bila ada ide, segera realisasikan. Bila tidak tahu, bertanya. Bila belum paham, pelajari. Terlebih bila kamu pemuda, jangan ragu untuk mencoba hal baru.

Jangan berhenti belajar

Selama nafas masih berhembus, selama itu juga kita mesti terus belajar. Karena belajar bukan sekedar ke sekolah, jumpa guru lalu belajar.

Memang beberapa keadaan tidak mendukung untuk belajar. Seperti keterbatasan wilayah dengan akses informasi. Tapi bila ada kemauan, tetap ada jalan. Terlebih bila kamu punya akses informasi luas. Maka jangan disia-siakan. Pelajari apa saja yang bermanfaat. Belajar Tidak melulu lewat buku. Bisa dari lingkungan sekitar saja.

Karena dengan kemajuan jaman yang begitu signifikan. Maka bagi mereka yang malas belajar akan susah bersaing.

Jangan cuma jadi pengikut

Di era modern kini banyak barang-barang keren, gadget canggih, fashion mewah, kendaraan dan lainnya. Dengan melengkapi diri dengan beragam gadget terbaru, mungkin persepsi orang sudah mengikuti zaman dan up to date.

Tapi sebenarnya itu hanya sekedar pengikut. Jangan sampai kita menjadi terlalu konsumtif. Tren ini ikut, tren itu juga ikut. Di zaman yang tidak menentu kini, karakter dan pendirian yang kuat yang utama.

Tetap jaga diri

Kemajuan teknologi bukan sekedar enaknya saja semuanya serba praktis. Namun juga berdampak buruk dalam kehidupan manusia bila kita kurang bijak menyikapinya.

Zaman boleh saja makin edan. Namun kamu tetap harus menjadi diri sendiri. Tetap menjadi manusia yang beradab dan berbudaya. Perkuat nilai-nilai agama dan hubungan dengan keluarga. Sebagai benteng diri menghadapi perubahan zaman.

Karena percuma saja hidup dikelilingi segala fasilitas canggih. Namun tidak digunakan dengan bijak. Teknologi ibarat pisau bermata dua. Jagalah dirimu baik-baik.

Zaman boleh berubah, menolong orang lain jangan sampai lupa

Dengan teknologi memang sudah membantu banyak hidup manusia. Namun sebagai makhluk sosial, manusia tetap butuh bantuan dari makhluk sesamanya.

Tetap menjadi manusia yang seperti manusia. Tetap bersosialisasi dan saling tolong menolong. Zaman boleh saja makin canggih, namun manusia tetap manusia. Bukan robot yang tidak punya perasaan.

Jagalah alam

Segala kemajuan dan kemudahan yang saat ini sudah diraih manusia. Tentunya jangan sampai mengabaikan tempat tinggal makhluk hidup.

Karena percuma saja kemajuan teknologi semakin canggih, tapi alamnya rusak. Mau tinggal dimana kita semua?

Ayo jaga alam dan lingkungan kita! Jangan hanya pikirkan harta demi mengikuti zaman. Pikiran tuh hutan rimba yang selama ini pasok oksigen ke paru-paru kita semua.

Santuy dan bersenang-senang

Apasih yang dipusingkan dengan perubahan zaman. Bila kita sudah mempersiapkan diri dengan baik, bekal ilmu yang baik, tetap bisa jaga diri dan lingkungan. Maka gak usah panik.

Santuy dan bersenang-senang seperti biasa. Dunia boleh saja melaju sangat kencang. Namun jangan lupa untuk refreshing.

Referensi: hipwee.com

Gambar: ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Tag: Zaman, Perubahan, Teknologi, Penyesuaian Diri

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.