TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

6 Makanan yang Bisa Meredakan Pusing Saat Hamil Muda - Novi Nurpajar

Novi Nurpajar | Sabtu, 28 Sep 2019 - 06:31 PM

 

Tahukan Anda  ? Ketika seorang wanita hamil, akan dipindahkan untuk menunjang tumbuh kembang janin di dalam rahim. Salah satunya adalah pusing kepala.

Diharapkan, mendorong kepala akan terasa sangat awal kehamilan. Ada banyak faktor penyebabnya, salah satunya karena Mama sedang mengubah hormon. Namun, tidak perlu khawatir, Ma. Seiring waktu, hormon Mama akan kembali stabil dan mendorong akan hilang.

Baca juga

Meski demikian, tidak bisa dipungkiri mendorong seperti ini yang seharusnya dilakukan Mama. Tapi, jangan sembarang mengonsumsi obat ya, Ma. Pasalnya, obat-obatan tertentu bisa memengaruhi tumbuh kembang janin. Lebih baik Mama mencoba meredakan pusing dengan makanan-makanan alami berikut  :

1. Alpukat yang kaya akan magnesium

Buah berwarna hijau dengan daging yang lembut ini mengandung magnesium dan vitamin B6 yang mampu meredakan sakit kepala lho, Ma.

Buah ini termasuk buah dengan kandungan magnesium Tertinggi.Padahal, dalam 100 gram buah alpukat terdapat 29 gram magnesium.

Selain meredakan sakit kepala, alpukat juga memiliki banyak manfaat bagi Mama dan janin. Ia dapat mencegah gangguan tulang dan gangguan syaraf pada janin, juga mencegah komplikasi pada Mama.

2. Pisang yang mengandung magnesium dan vitamin B6

Buah lain yang kaya akan magnesium dan vitamin B6 adalah pisang.Karenanya, ia bisa menjadi buah alternatif untuk meredakan sakit kepala.Apalagi buah yang satu ini sangat mudah ditemukan dan sangat praktis untuk dimakan.

Pisang juga memiliki manfaat lain untuk masa hamil Mama lho. Kandungan serat di dalam pisang bisa mencegah sembelit.

Kandungan kalium mampu meringankan kram kaki yang juga sering melanda ibu hamil. Sementara kandungan asam folat mampu mempertahankan angka risiko kelahiran cacat.

3. Berbagai jenis kacang-kacangan

Jenis makanan selanjutnya yang bisa Mama coba adalah kacang-kacangan.Kacang-kacangan mengandung zat besi, magnesium, dan vitamin B6. Nutrisi ketiga ini sangat membantu meredakan sakit kepala.

Ada banyak jenis kacang yang baik untuk ibu hamil, beberapa biji kacang hijau, kacang merah, kacang almond, kacang mete, dan kacang polong.

Tidak hanya bermanfaat untuk meredakan sakit kepala. Kacang juga mampu meredakan sembelit dan mencegah preeklamsia pada ibu hamil.

4. Berbagai jenis daging merah yang tidak berlemak

Daging merah adalah istilah yang diubah pada daging hewan yang berwarna merah, seperti daging sapi dan daging bebek. Jenis daging ini mengandung zat besi yang dapat meredakan sakit kepala.

Tidak hanya meredakan sakit kepala, zat besi juga dibutuhkan untuk memperbaiki sel darah merah agar ibu hamil tidak mengalami anemia. Dengan Manfaat-Manfaat ini, tidak mengherankan jika ibu hamil diminta mengonsumsi tiga porsi daging merah dalam sehari.

Namun, olah daging merah benar-benar matang dan pilih daging yang tidak berlemak agar lebih sehat ya, Ma.

5. Ikan dengan kandungan omega-3

Ikan adalah salah satu makanan yang pantas untuk ibu hamil. Makanan yang satu ini mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi perkembangan janin. Ia mendukung perkembangan otak dan saraf janin serta mencegah kebutaan pada janin.

Ternyata, ikan tidak hanya bermanfaat bagi janin lho, Ma. Bagi Mama sendiri, ikan sangat bermanfaat untuk meredakan sakit kepala.

Pasalnya, ia mengandung omega-3 yang mampu menstabilkan produksi hormon penyebab sakit kepala. Ia juga mampu mencegah anemia.

6. Sayuran hijau yang kaya akan vitamin B6

Sayuran memang sudah dikenal memiliki banyak Manfaat bagi tubuh. Siapa sangka, ia juga mampu mengatasi sakit kepala hamil muda. Pasalnya, ia juga kaya akan vitamin B6 seperti buah alpukat dan kacang-kacangan.

Dari sekian banyak jenis sayuran, Mama bisa memilih bayam, brokoli, dan sawi.Bayam adalah sayur dengan kandungan vitamin B6 tertinggi.

Dalam satu cangkir bayam mengandung 0,44 mcg vitamin B6. Sementara dengan ukuran yang sama, brokoli mengandung 0,16 mcg dan sawi mengandung 0,14 mcg vitamin B6.

Tag: Ibu Hamil, Kesehatan

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.