TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Ciri- Ciri Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya

Era Rina Juniarti Simanjuntak | Sabtu, 07 Sep 2019 - 12:28 PM

Pada era saat ini gadget bukan lagi hal yang asing dan dapat di akses oleh kalangan usia tanpa terbatas dengan tujuan yang berbeda-beda. Mulai dari tujuan pekerjaan, gaya hidup hingga memenuhi hobi. 

Bermain gadget secara terus menerus akan membuat kita lupa dengan waktu, kurang konsenterasi dan menjadi tidak peduli dengan lingkungan sekitar. Penggunaan smartphone berlebihan dapat merugikan diri sendiri dan orang sekitar. 

Ciri-ciri orang kecanduan gadget,pertama ketika dia terpapar gadget selama 2 jam/hari  dan ketika di minta untuk  melepaskan diri dari gadget rasanya sulit sekali sehingga banyak menunda aktivitas yang lain dan cenderung sulit untuk berpindah pikiran dari gadget. Kedua, mudah marah meledak-ledak secara emosi terutama ketika di minta berhenti dari gadget. Ketiga, pembicaraan hanya soal gadget seperti mengenai games yang dimainkan, sosial media dan lain sebagainya. Keempat, kesulitan mengatur diri seperti tidur larut malam dan malas untuk bergerak. 

Baca juga

Kali ini ada beberapa tips untuk kita agar tidak ketergatungan dengan gadget atau smartphone.

1.Tekad yang kuat 

Hasil gambar untuk tekad yang kuat gambar

Untuk membatasi diri bisa diawali denga tekad yang kuat untuk mengurangi pemakaian gadget. Sebagai awalan kamu dapat mengatur waktu kapan saja kamu boleh menggunakan gadget dan tidak boleh menggunakan gadget. 

2.Memperbanyak sosialiasi dengan orang-orang terdekat

Hasil gambar untuk bermain dengan teman orang dewasa

Melakukan kegiatan yang menyenangkan diluar rumah, seperti olahraga, travelling atau sedekar kumpul bersama teman. Karna jika kamu sendirian, maka tetap tidak bisa jauh dari gadget. Disaat sedang kumpul bersama teman, cobalah untuk tidak memang hp dan fokus dengan obralan bersama teman kamu. 

3.Hapus aplikasi yang membuat kamu kecanduan

Hasil gambar untuk menghapus aplikasi di hp

Semua orang punya satu aplikasi yang mungkin hampir setiap saat di mainkan, seperti intagram, twitter, youtube, atau games. Jika aplikasi tersebut tidak memberikan manfaat dan kamu tergantung sekali dengan aplikasi tersebut maka dengan mengurangi kecanduan gadge, kamu dapat menghapus aplikasi tersebut dari gadget kamu. 

4.Batasi penggunaan HP

Hasil gambar untuk main hp

Batasi waktu penggunaan gadget dirumah, disekolah, dikampus atau dimanapun, misalnya pada saat berkativitas kamu tidak boleh menggunakan gadegetmu kecuali dalam keadaan terdesak, atau bisa juga dengan mematokan waktu 1 jam saja menggunakan gadget pada saat sedang beraktifitasi. Supaya kamu tetap fokus pada pekerjaan dan jadikanl bermain gadget sebuah hadiah setelah kamu selesai mengerjakan pekerjaanmu.

5. Ketahui dampak dari kecanduan gadget

Hasil gambar untuk dampak kecanduan hp

Nah ini yang paling penting ! Coba deh kamu gunakan gadget kamu untuk mencari dampak dari kecanduan gadget. Pasti kalau kamu sudah mengetahui tentang bahayanya kamu akan berpikir dua kali untuk terlalu sering bermain gadget. 

Untuk mengatasi ketergantungan kita dari gadget memang perlu kedisiplinan, namun hal tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan dan keselamatan diri kamu. Apabila kamu masih juga sulit terlepas dari keterganutngan pada gadget, terutama jika hal sudah menimbulkan kesulitan dalam menjalani aktitivitas dan pekerjaan sehari-hari, sebaiknya kamu konsultasi ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan bantuan.

Tag: Ciri Kecanduan Gadget, Tips Mengatasi

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.