TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

5 Trik Optimasi Kecepatan Blog Saingi Teknologi AMP

Ahmad Zaeni Dahlan | Jumat, 06 Sep 2019 - 08:50 PM

Membuat website merupakan hal yang mudah pada era masa kini. Semakin berkembangnya tekhnologi media informasi dan komunikasi semua hal yang dulunya sulit dan memerlukan keahlian khusus, pada masa sekarang bukan lagi hal yang sulit bahkan orang awampun dapat memiliki sebuah website dengan mudah dalam 1 klik.

Pembuatan website dengan blog, ada 2 macam situs yang melayani jasa pembuatan blog, para blog di Indonesia rata-rata membuat blog di blogger.com dan wordpress.com.

Di pembahasan ini kita akan fokus pada bagaimana cara mengoptimalkan blog di blogger.com.

Baca juga

Bagi anda yang pemula saya sarankan anda memilih membuat blog di blogger.com, alasan pribadi karena blogger.com lebih mudah untuk digunakan dibanding dengan wordpress, tetapi jika anda menginginkan fitur yang lebih menarik saya sarankan anda untuk belajar cara membuat blog melalui wordpress.com

Diantara kedua situs tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, keputusan ada ditangan anda, disitus mana anda ingin membuat blog di blogger.com ataukah di wordpress.com. Tetapi disini saya tidak akan membahas tentang perbedaan keduanya.

Sejak android mulai banyak digunakan seluruh dunia, penggunaan internet jauh lebih mudah diakses bahkan diantara pengguna yang mengakses internet, persentase lebih besar adalah pengguna mobile atau smartphone.

Sekarang Akses Internet berada digenggaman anda, karena hal ini terjadi sehingga menuntut tekhnologi untuk berkembang semakin cepat dan lahirlah suatu tekhnologi baru bernama Accelerated Mobile Pages disingkat AMP.

AMP adalah sebuah Program Open Source Google yang dikembangkan untuk membuat suatu situs website lebih ringan dan cepat untuk diakses. Pada perkembangan sejak pertama kali program tersebut diluncurkan, di Indonesia sendiri mulai banyak sekali situs-situs yang telah beralih dan menggunakan teknologi AMP ini.

Teknologi AMP yang sangat luar biasa dapat membuat akses ke situs lebih cepat ini ternyata belum dapat dirasakan dan dimanfaatkan semua situs hal ini dikarenakan penerapannya membutuhkan keahlian dalam memahami struktur kodenya untuk menerapkan dan bermigrasi ke teknologi AMP. Jika anda seorang web developer tentu adanya tekhnologi AMP adalah tantangan dan pembelajaran baru.

Salah satu layanan yang belum dapat menggunakan teknologi AMP sepenuhnya adalah layanan dari blogger.com, tapi anda jangan berkecil hati blog anda dapat menggunakan teknologi AMP ini, anda hanya perlu belajar perlahan-lahan dan telah banyak sekali template AMP blogger premium diluar sana dan harganya relatif lebih murah, jika anda baru menggunakan blog dan masih memiliki isi konten yang sedikit saya sarankan untuk beralih menggunakan AMP.

Untuk beberapa pengguna blogger.com yang sudah memiliki konten yang banyak hingga ratusan bahkan ribuan konten jangan berkecil hati juga karena anda dapat menggunakan teknologi AMP walaupun harus satu persatu merubah isi konten. Memang sangat merepotkan, hanya orang-orang yang mempunyai ketekunan dan kesabaran yang tinggi saja yang mau melakukannya... Hehehehe

Tapi jika anda tidak ingin repot maka disini ada solusinya yaitu lakukanlah optimasi pada blog anda agar dapat bersaing dengan teknologi AMP walaupun tidak dapat disejajarkan dengan kecepatan AMP nya.

Naah... Berikut beberapa optimasi yang telah saya aplikasikan di blog pribadi.

1. Pilih Template yang Responsive dan Mobile Friendly

Penggunaan template yang responsive dan mobile friendly dapat membuat para pengunjung situs nyaman dalam membaca isi konten, selain dari itu template yg responsive dapat beradaptasi pada setiap jenis resolusi pada tampilan perangkat layar smartphone atau desktop.

2. Kompres Kode js dan css Kedalam Template

Memperkecil ukuran kode js dan css atau melakukan minify pada template blogger memiliki kelebihan agar kecepatan blog meningkat selain dari itu melakukan kompres pada script js dapat mengurangi ukuran blog saat diakses.

3. Lakukan Kode Inline js dan css Pada Kode Template

Jika pada template yang anda gunakan terdapat sumber .js dan .css seperti contoh jquery.js atau font-awesome.css

Maka anda harus membuat kode tersebut langsung ditulis dalam template blogger dan jangan lupa sebelum di paste kedalam template kodenya diminify terlebih dahulu

4. Kurangi Jumlah Baris Kode

Mengurangi jumlah baris bade kode ternyata dapat membuat nilai YSLOW pada gtmetrix.com meningkat selain dari itu tanda hijau pada opsi aktifnya cache dari situs blog anda.

5. Ganti Penggunaan Icon Font Awesome dengan icon SVG

Nah mungkin ini adalah sesuatu yang bisa jadi rumit jika template yang digunakan menggunakan icon font awesome yang banyak.

Kita ketahui bahwa menggunakan font awesome dapat mempersingkat dalam mendesign web, tetapi dampak buruk dari penggunaannya dapat memperlambat akses blog, hal ini karena ketika blog di akses sebelum konten muncul maka akan diakses terlebih dahulu source dari font awesome.

Solusinya adalah dengan mengganti icon font awesome menggunakan ico svg, silahkan kunjungi https://materialdesignicons.com/

5 Trik Optimasi diatas telah saya praktekan anda bisa cek salah satu blog yang sudah saya optimasi https://www.terapijarum.com/

Demikian Trik Optimasi Kecepatan Blog Saingi Teknologi AMP semoga bermanfaat, Salam Blogger Indonesia.

Tag: Mempercepat Blog, Optimasi Blog, Memperbaiki Pageinsights Blog, Kompres Blog, Trik & Tips Blog Terabaru

Ahmad Zaeni Dahlan

Seorang blogger newbie yang cuman iseng menyalurkan hobi n_n

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.