TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Mahasiswa Wajib Baca! Tips memilih laptop untuk kuliah Informatika

Deny Nur Arahman | Rabu, 04 Sep 2019 - 08:07 PM

Pada artikel kali ini, saya akan membagikan tips untuk memilih laptop kuliah dibidang informatika. Laptop merupakan salah satu alat bantu yang hampir wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa. Laptop ini merupakan komputer portable yang mudah digunakan dan dibawa kemana-mana, sehingga sangat membantu mahasiswa untuk mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Apalagi kalau Jurusannya Informatika... Pasti memerlukan laptop yang memiliki spesifikasi yang mumpuni untuk dibebani dengan berbagai aplikasi untuk membuat program ataupun sebagainya yang berhubungan dengan basis percodingan. Nah, berikut adalah tips untuk memilih laptop untuk kuliah Informatika.

Memilih Prosesor yang sesuai dengan yang diperlukan

Prosesor merupakan otak dari sebuah komputer/laptop. Prosesor berguna untuk memproses sebuah input atau perintah dari pengguna agar dapat menampilkan apa yang dikehendaki oleh user. Memilih prosesor yang cocok merupakan hal yang harus dilakukan pertama kali, karena Prosesor ini tidak dapat diganti ataupun diUpgrade untuk laptop terbaru.

  • Untuk Prosesor yang cocok untuk kuliah Informatika adalah sebagai berikut :
    1. Intel Core i3 Generasi 6 (Skylake) dan diatasnya
      • Core i3 Generasi 6 atau Skylake sudah lumayan cukup untuk menjalankan aplikasi pemograman seperti Android Studio dan beberapa Aplikasi lainnya. Tetapi diperlukan beberapa spesifikasi tambahan (RAM) agar dapat berjalan dengan lancar.
    2. Intel Core i5 Generasi 5 (Broadwell) dan diatasnya
      • Core i5 Generasi 5 ini sudah mumpuni untuk menjalankan aplikasi pemograman yang cukup berat contohnya Android Studio dengan emulatorserta aplikasi percodingan lainnya.
    3. Inter Core i7 Generasi 3 (Chief River) dan diatasnya
      • Untuk seri Core i7 merupakan seri tinggi dari keluarga Core i Intel. Seri i7 ini sudah lumayan powerfull untuk generasi ke 3 nya. Kelemahan untuk i7 ini adalah sering terjadi overheat pada CPU yang membuat baterai boros.
Baca juga

Untuk seri intel yang lain sebenarnya juga termasuk, tetapi untuk pemograman memang cocok untuk dipakai Core i daripada Unit Intel yang lain, karena kemampuannya dan beberapa aspek lainnya.

RAM Minimum untuk Laptop

RAM merupakan hal yang sangat penting kedua setelah prosesor. Mengapa kedua? Karena RAM dapat diUpgrade sesuai dengan spesifikasi dompet para pengguna. Maksud saya adalah RAM dapat diupgrade sampai batas maksimal sebuat laptop untuk menggunakan RAM tersebut.

Menurut saya, RAM minimum untuk kuliah di Informatika adalah 4GB. RAM 4GB ini sudah terbilang cukup untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang banyak. Walaupun agan-agan telah membeli laptop dengan RAM 2GB, kalian masih bisa menUpgradenya dengan RAM yang lebih besar, asalkan ada slot/tempat yang kosong dan cocok dengan ram sebelumnya. DDR pada ram juga menjadi faktor penentu kecepatan sebuah ram. Semakin tinggi DDRnya, semakin tinggi kecepatannya dan juga semakin mahal harganya.

Media Penyimpanan Laptop

Untuk memilih media penyimpanan tergantung dari kemampuan dompet masing-masing. Dari segi harga, maka Hard Disk adalah penyimpanan yang lebih merakyat dibandingkan dengan SSD ataupun yang lainnya.

Tetapi untuk segi peforma, saat ini SSD telah mengalahkan telak hard disk.

Jadi untuk media penyimpanan tergantung dari kebutuhan kalian masing-masing. Jika ingin memiliki Laptop yang Powerfull dan cepat, gunakanlah SSD. Tetapi jika budget tidak mendukung, gunakanlah HDD. Karena Harga 250GB SSD itu setara dengan 1TB HDD. Jadi pikir-pikir dulu jika ingin menupgrade atau membeli sebuah media penyimpanan untuk laptop tercinta kalian.

Sekian artikel saya tentang tips untuk memilih Laptop menurut spesifikasinya. Untuk Bagian VGA biasanya di Informatika jarang digunakan karena pemograman jarang memerlukan VGA yang tinggi. Janganlah melihat merk dari sebuah laptop, tapi lihatlah dapur pacunya.

Tag: Laptop, Spek, Tips, Informatika, Mahasiswa, Cpu, Ram, Komputer, Low-budget

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.