Cek!, 5 Kota dengan UMR Tertinggi Tahun 2022 - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cek!, 5 Kota dengan UMR Tertinggi Tahun 2022

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/57ed0fe122d3e8a384caf1185d2b53e427377bb4.webp

 

Dibentuknya UMR bertujuan agar para pekerja memiliki gaji sesuai dengan tanggung jawab, beban dan posisi yang mereka kerjakan. UMR terdiri dari gaji pokok dan tunjangan bagi karyawan. Nilai UMR dilihat setiap 2 tahun sekali. UMR terdiri dari 2 jenis yaitu, UMK dan UMP

UMK merupakan upah minimum yang ditetapkan berdasarkan kota/kabupaten, sedangkan UMP merupakan upah minimum yang ditetapkan berdasarkan provinsi. Namun, masyarakat lebih sering menggunakan UMR. UMR ini tidak asal ditenttukan ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Seperti,Kebutuhan pekerja, Indeks Harga Konsumen, Perkembangan perusahaan, Kondisi dalam pasar kerja, pendapatan per kapita. 

Perbedaan UMR, UMP dan UMK

Untuk kamu para pekerja keras. Kamu perlu tahu nih apa bedanya UMR, UMP dan UMK. Jika kamu belum tahu, kamu harus tahu. 

  • UMR merupakan standar gaji minimum pekerja yang berlaku di Provinsi. Tetapi istilah tersebut kini sudah tidak digunakan lagi. Mengutip tempo.co, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 226 Tahun 2022, UMR tingkat I diganti dengan istilah Upah Minimum Provinsi (UMP) sedangkan UMR tingkat II diganti dengan nama Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK)
  • UMP merupakan batasan gaji minimum yang ditetapkan oleh provinsi dan berlaku di kabupaten maupun kota. Besar UMP ditetapkan sesuai dengan standar kota tersebut. hal ini dikarenakan kondisi setiap kota berbeda-beda
  • UMK merupakan standar gaji minimum pekerja yang berlaku di wilayah kota atau kabupaten. Pengajuan UMK ini ditetapkan oleh bupati/wali kota. Menurut tempo.co, Penentuan UMK ditetapkan setelah penetapan UMP berlangsung. Intinya UMK lebihh tinggi dari UMP yang ditetapkan.

   

5 Kota Dengan UMR Tertinggi

UMR biasanya ditetapkan terlebih dahulu oleh DPD. Tim DPD sebelumnya akan survey ke lapangan untuk mencari tahu kebutuhan harga bahan pokok para pekerja. Kemudian data tersebut nantinya akan diolah dan kemudian dipertimbangkan nilai UMR untuk kedepannya. Berikut kami akan merangkum kota mana saja yang memiliki UMR tertinggi

1. Kota Jakarta

Jakarta menempati peringkat pertama dengan gaji UMR tertinggi. Pada tahun 2022 ini Jakarta memperoleh nominal gaji UMR sebesar Rp4.641.854. Ternyata jumlah kenaikan UMR tersebut mengalami sedikit kenaikan dari  tahun 2021 lalu. Tahun lalu UMR DKI Jakarta sebesar Rp37.749. pada Desember 2021, UMP DKI Jakarta naik hingga 51%.

Namun, hal tersebut dibatalkan oleh PTUN dan Anies Baswedan yang saat masih menjadi gubernur DKI tetap meminta UMP Jakarta agar tetap di angka Rp4.573.845. Mengapa Jakarta selalu menempati posisi pertama sebagai kota dengan UMR tertinggi?  Karena, Jakarta selalu menjadi tujuan utama orang-orang untuk mencari kerja.   

2. Papua

Papua memiliki UMR tertinggi kedua setelah kota Jakarta. UMR papua saat ini yaitu Rp3.561.932 UMR tersebut mengalami kenaikan sebesar 1,28% dari tahun sebelumnya. Ternyata UMR Papua tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 45.232 dibandingkan dengan sebelumnya yang berjumlah Rp 3.516.700 

3. Sulawesi Utara

Sulawesi utara merupakan kota ketiga yang memiliki UMR tertinggi selanjutnya. Nominal upah UMR di Sulawesi Utara ternyata mengklaim kenaikan sebesar Rp17.224.06. Pada tahun 2022 nominal upah UMR Sulawesi Utara mencapai Rp3.394.489. 

Menurut Kompas.com upah minimum Sulawesi Utara tahun 2021 lebih tinggi dari Batas Atas upah minimum. Hingga gaji minimum tahun 2022 ditetapkan nilainya sama dengan gaji minimum 2021. 

4. Provinsi Bangka Belitung

Bangka Belitung ternyata menetapkan nominal upah yang mengalami kenaikan hanya 1,08%. Nominal yang ditetapkan pada tahun sekarang yaitu Rp3.264.881. Upah sebelumnya tercatat Rp 3.230.022. UMP tahun 2021 di Bangka Belitung sebeneranya sama dengan UMP tahun 2019. 

Gubernur Bangka Belitung menaikkan UMP karena, ekonomi Bangka Belitung saat ini tumbuh sangat positif 6,11% dibandingkan 3 tahun sebelumnya. Hal tersebut menandakan peningkatan drastis pada ekonomi masyarakat. 

5. Papua Barat

Pada tahun 2022 ini upah UMR karyawan di Papua Barat mencapai Rp.3.200.000. UMR di Papua Barat mengalami kenaikan sebesar 2,08% dibandingkan tahun 2021 lalu. UMR itu ditetapkan sesuai kebijakan pusat. Karena di Papua upah menjadi salah satu prioritas pemerintah dalam mewujudkan hak seorang buruh,

Demikian penjelasan mengenai 5 kota yang termasuk dalam kategori UMR tertinggi tahun 2022. 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga