Aneh Tapi Nyata, Wabah ini Pernah Menggemparkan Dunia - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Aneh Tapi Nyata, Wabah ini Pernah Menggemparkan Dunia

29 hari yang lalu

 

https://biartau.id/images/4efd48ade321da614023fbf1f476fd37bf2da123.webp

 

Wabah merupakan penyakit yang sangat berbahaya yang resikonya bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, baik anak kecil maupun lansia. Wabah yang menurut kalian hanya penyakit ternyata ada juga yang bukan termasuk penyakit. Jika terjadi wabah maka seluruh aktivitas akan menjadi terganggu.

Siapa yang tidak merasa sedih jika seluruh aktivitas menjadi terbatas dan tidak berjalan secara normal. Maka dari itu kami akan memaparkan sejumlah wabah aneh yang pernah terjadi di dunia. Kamu pasti penasaran kan? berikut penjelasannya, mari simak!

Wabah Teraneh di Dunia

Wabah saat ini ternyata masih menyerang dunia termasuk wabah Covid-19. Tetapi disini kami tidak akan membahas mengenai wabah Covid-19. Kami akan membahas sejumlah wabah yang kini masih menjadi misteri dalam berbagai ilmu pengetahuan. Kabarnya hingga saat ini wabah tersebut belum diketahui penyebab bahkan obatnya.

1. Wabah Menari 

https://biartau.id/images/129638dbff78322e008811aa90400a66cec0fd80.webp
Source: Freepik.com

 

Wabah aneh pertama yang pernah ada di Dunia adalah wabah menari. Wabah ini terjadi pada Juli 1518, wabah ini menyerang kota Strasbourg. Saat ini namanya telah diganti menjadi Perancis. Wabah menari pertama ditularkan oleh wanita bernama Frau Troffea. Saat itu dia menari di pinggir jalan tanpa alasan dan tanpa adanya suara musik.

Seminggu setelah dia menari-nari tidak jelas di jalan ternyata ada 34 orang yang tertular tingkahnya tersebut. Sekitar bulan Agustus sebanyak 400 orang tertular wabah menari tersebut. Mereka berhenti menari saat kaki mereka berlumuran darah dan mereka juga mulai terkena serangan jantung. Akibatnya jadi banyak orang yang meninggal saat itu.

Pada saat itu orang-orang melakukan sejumlah ritual untuk memohon keselamatan mereka. Mereka percaya bahwa wabah ini merupakan sebuah kutukan dari Santo Vitus. Santo Vitus merupakan sosok yang dihormati dan sosok pelindung orang yang terkena epilepsi.

 

2. Wabah Mengantuk

https://biartau.id/images/9c248dccd138922a958b3fe10922c21f2433cf2c.webp
Source: Freepik.com

 

Wabah aneh selanjutnya yang pernah menyerang dunia adalah wabah mengantuk. Wabah ini terjadi bersamaan dengan wabah flu spanyol. Wabah mengantuk ini terjadi pada tahun 1915. Nama lain dari wabah mengantuk ini adalah  Ensefalitis lethargica yang saat itu memakan sekitar satu juta korban jiwa.

Akibat dari wabah mengantuk ini adalah terjadinya kelumpuhan wabah tersebut banyak mengakibatkan sakit kejang dan tenggorokan dan berakhir dengan koma bahkan sampai kematian. Wabah ini ditandai dengan sakit tenggorokan, sakit kepala, lesu, demam tinggi, respon fisik dan mental menjadi terlambat bahkan sampai tidak sadar diri.

Sampai banyaknya kasus kematian, Wabah tersebut akhirnya berakhir pada tahun 1926. Bahkan sampai saat ini belum diketahui apa penyebab dari wabah tersebut.

3. Wabah Tertawa

https://biartau.id/images/c2dea87c2425827c67a42a10f73360fb0b0b20ee.webp
Source: Freepik.com

 

Wabah aneh yang pernah terjadi selanjutnya adalah wabah tertawa. Wabah ini pernah terjadi di Tanganyika (sekarang sudah menjadi Tanzania) pada tahun 1962. Wabah ini bermula dari 3 orang gadis yang sedang menertawakan sesuatu. Namun, tawa tersebut bukannya terjadi hanya sebentar. Justru malah menular ke 60% siswa di sekolah tersebut.

Akibat dari wabah tertawa tersebut orang-orang di kota tersebut teratawa hingga mengeluarkan air mata. Ada juga yang sampai pingsan dan muncul ruam. Akibatnya beberapa sekolah di kota tersebut harus ditutup dengan terpaksa karena wabah tersebut menular pada ribuan orang yang ada di kota tersebut. 

Wabah ini dianggap sebagai contoh lain dari penyakit sociogenic yang artinya penyakit tersebut penyebarannya sangat cepat dari gejala yang memengaruhinya. Wabah ini diyakini hanya menular pada anak-anak saja.  

Itulah wabah aneh yang pernah terjadi di Dunia yang sampai saat ini masih dipertanyakan. Bahas apa lagi, ya?

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga