Alat Kata Kunci YouTube dan Cara Menggunakannya - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Alat Kata Kunci YouTube dan Cara Menggunakannya

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/8379b7f569046b4c9a0409d0183418838e5c9eaa.webp

 

Apakah kamu tahu cara menggunakan alat kata kunci YouTube? Kata kunci dalam YouTube harus digunakan oleh para YouTuber. Pasalnya fungsinya sangat penting yaitu, untuk meningkatkan pertumbuhan channel YouTube-mu.

Melakukan riset kata kunci tidak dikhususkan untuk pemula saja tetapi seorang ahli juga wajib melakukannya. Tanpa melakukan riset keyword channel-mu tidak akan ditemukan dalam YouTube. Dalam artikel ini kami akan menjelaskan beberapa cara mencari keyword YouTube.

1. Pelajari Niche

Cara menggunakan alat kata kunci YouTube yang pertama yaitu, dengan mempelajari topik atau niche dari konten kamu tersebut. Hal tersebut dilakukan agar kamu bisa mendapatkan ide-ide yang menarik untuk strategi pemasaran kontenmu. Ada berbagai tips mempelajari niche dalam proses riset kata kunci:

  • Melakukan interaksi dengan penonton yang sering mengunjungi channel-mu, lalu tanyakan mengenai istilah apa yang sering mereka gunakan saat mencari kontenmu.
  • Coba kamu berfikir mengenai sudut pandang penonton.
  • Cobalah dengan mengikuti forum diskusi mengenai topik pembicaraanmu secara online maupun offline.

2. Membuat Kata Kunci Relefan

Cara menggunakan alat kata kunci YouTube selanjutnya yaitu, membuat kata kunci yang relefan. Setelah topikmu bisa dkuasai dengan baik kamu bisa menggunakan kata kunci yang relefan dalam topik yang kamu buat.

Misalkan topik kontenmu tentang “Makanan Sehat”, maka kamu bisa membuat daftar yang relefan mengenai topik konten kamu tersebut seperti, cara membuat makanan sehat, kandungan gizi makanan sehat, dan masih banyak lagi kata kunci relefan yang bisa kamu kumpulkan.

3. Membuat Daftar Seed Kata Kunci yang Diperlukan

Setelah melakukan riset dan sudah menemukan kata kunci yang relevan dengan topik yang kamu buat, Cara menggunakan alat kata kunci YouTube yang selanjutnya yaitu, membuat daftar seed kata kunci. Seed kata kunci yaitu kata kunci yang difokuskan atau kata kunci unggulan dari kata kunci yang sebelumnya kamu buat.

Peranan seed kata kunci sangat penting karena menjadi dasar pencarian kata kunci. Seed kata kunci bisa dibilang sebagai istilah yang nantinya bakalan sering dicari oleh pengunjung melalui mesin pencari Google. Seed kata kunci juga bisa mengetahui pesaing dari topik yang sedang kamu angkat. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui kekurangan topikmu dari pesaing tersebut.

4. Mencari Tahu Kompetitormu

Cara menggunakan alat kata kunci YouTube selanjutnya yaitu, mencari tahu dan menganalisis konten-konten dari kompetitor atau pesaingmu di Youtube. Dengan menonton konten-konten mereka kamu bisa menganalisisnya, Tujuannya agar kamu bisa membuat konten yang berbeda dari kompetitor.  .

Kemudian kamu tinggal mencari tahu saja kelebihan dan kekurangannya yang akan mempermudah kamu saat ingin membuat konten yang sama. Agar kontenmu lebih sedikit berbeda kamu bisa menambahkan ciri khas dari konten-konten yang kamu buat.

5. Gunakan Tools Kata Kunci yang Bagus

Cara menggunakan alat kata kunci YouTube selanjutnya yaitu menggunakan tools kata kunci yang bagus. Saat ini sudah sangat banyak tools kata kunci yang sering dipakai oleh kebanyakan orang. Tools tersebut diantaranya adalah Google Search Console, WordTracker, Keyword Tool, dan masih banyak lagi.

Selain memahami cara menggunakan alat kata kunci YouTube, kamu juga perlu mengetahui tools yang sering digunakan untuk riset kata kunci. Berikut ini rekomendasi tools yang bisa kamu gunakan.

  • Google Search Console
https://biartau.id/images/fc4e71a4b862c41abae4210bf55bbdba98ad1565.webp

 

Tools yang bisa menjadi rekomendasi kamu yang pertama yaitu, Google Search Console. Tools tersebut bisa memantau cara kerja channel YouTubemu. Kamu bisa memaksimalkan proses pengelolaan YouTubemu dengan Google Search Console sehingga menghasilkan views yang cukup banyak.

  • WordTracker
https://biartau.id/images/5a0546d2aea1a92d8746cc27175054bb0785043c.webp

 

Wordtracker termasuk salah satu yang menjadi rekomendasi tools dalam mencari riset kata kunci dalam YouTube. Alat yang satu ini hampir mirip dengan keywords tools, yaitu menyediakan informasi terkait kata kunci tertentu, seperti, kompetitor, search volume dan juga trend. Untuk pertama kalinya kamu bisa mencari keywords YouTube secara gratis hingga 10 kali pencarian. Selebihnya kamu bisa berlangganan fitur tersebut. 

  • Keyword Tool
https://biartau.id/images/ad6009d29a40c2c969f65cb211ec6f28e32b784e.webp

 

Tools selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset kata kunci YouTube yaitu, Keyword Tool. Tools ini mampu mengetahui berbagai kata kunci yang relefan dalam topik kontenmu. Kamu juga bisa mengetahui informasi trending selama setahun terakhir, search volume, persaingan keyword dan CPC. 

Tools ini juga bisa membantu kamu dalam mendapatkan keyword di berbagai media sosial. misalnya Google, Twitter, Instagram dan sebagainya. 

  • Google Trends
https://biartau.id/images/50cd48f558f3299615b13cfb093fe5512ab312f4.webp

 

Alat riset selanjutnya yang bisa kamu coba  yaitu Google Trends. Kamu juga bisa menemukan keyword YouTube melalui google trends. Selain itu tools tersebut dapat digunakan untuk mencari kata kunci situs web. Setiap kata kunci yang dicari melalui Google Trends disertai informasi search volume dengan berbentuk grafik.

Selain itu kamu bisa menemukan keywords lain dalam Google Trends dan bisa menemukan kata kunci YouTube secara lebih mudah. Google Trends ini dapat kamu akses dengan sepuasnya, loh! Alias gratis!  

Nah, itulah beberapa cara menggunakan alat kata kunci YouTube lengkap dengan pilihan tools yang bisa kamu gunakan.

 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga