Cara Mengatasi Susah Tidur & Gelisah Saat Malam Hari - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Mengatasi Susah Tidur & Gelisah Saat Malam Hari

Palembang, 1 tahun yang lalu
https://biartau.id/images/d49d883c2e2dcbf7ca53cd4d2b0dcd796c01be64.webp
Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Saat Malam Hari

 

Susah tidur adalah sebuah kondisi yang umumnya sering terjadi. Bagi kalian yang mengalami kondisi tersebut, jangan khawatir. Sebab ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah susah tidur supaya kamu bisa memiliki kualitas tidur yang baik dan lebih nyenyak. Dengan begitu, kamu pun bisa menjadi lebih produktif dan bersemangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

Susah tidur atau seringkali disebut insomnia adalah sebuah kondisi yang terjadi ketika seseorang tersebut merasa kesulitan untuk tidur. Adapun kondisi lain dari insomnia yaitu sering terbangun di waktu tidur, bangun terlalu cepat, atau tidak bisa melanjutkan tidur hingga pagi. Walaupun kondisi tersebut seringkali dianggap sepele. 

Susah tidur justru bisa menyebabkan seseorang menjadi mudah lemas, tidak bertenaga, dan juga sulit untuk berkonsentrasi. Jika dibiarkan dalam jangka panjang, maka akan menyebabkan munculnya berbagai masalah kesehatan seperti gangguan fisik dan mental, penurunan daya ingat, hingga obesitas.

Cara Mengatasi Susah Tidur

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi susah tidur yang bisa kamu terapkan. Cara di bawah ini adalah beberapa cara alami yang tidak perlu menggunakan obat-obatan. Jadi akan lebih aman ya untuk tubuh

1. Konsisten Untuk Tidur dan Bangun di Waktu yang Sama

         Banyak orang yang mengganti jam tidur yang terlewat di hari kerja dengan tidur terlalu lama di akhir pekan. Faktanya, hal tersebut justru membuat jadwal tidur alami kamu menjadi berantakan atau terganggu. Selain itu, cara tersebut juga bisa membuat kondisi susah tidur menjadi lebih buruk. Oleh sebab itu, cobalah untuk selalu tidur dan juga bangun di jam atau waktu yang sama setiap harinya. Lakukan hal tersebut secara konsisten. Kamu bisa melewati kegiatan rutin tersebut saat hari libur, tapi jangan sampai berlebihan ya. Nah, dengan cara tersebut akan membantu jadwal tidur kamu menjadi lebih konsisten dan membuat kamu lebih mudah untuk tidur tepat waktu. Selain itu, pastikan kamu sudah mencukupi kebutuhan tidur kamu ya, yaitu 7 hingga 9 jam sehari. Supaya kamu bisa memulai kegiatan di pagi hari dengan semangat.

2. Buatlah Suasana Tidur yang Nyaman

      Supaya kamu bisa tidur tepat waktu, cobalah untuk menciptakan suasana kamar tidur yang nyaman. Matikan lampu dan batasi penerangan. Cukup gunakan lampu tidur saja, supaya suhu kamar kamu tetap sejuk. Kemudian, jauhkan semua gadget dan perangkat elektronik ketika ingin mulai tidur.

      Sebab, sinar yang dipancarkan oleh gadget bisa menyebabkan produksi melatonin menjadi terganggu. Melatonin adalah hormon yang dapat membantu kamu tertidur. Selain itu, kamu juga bisa menciptakan suasana tidur yang nyaman dengan menggunakan pengharum ruangan atau aromaterapi. Hal tersebut bertujuan untuk membuat tubuh menjadi semakin rileks.

3. Batasi Waktu Saat Tidur Siang

      Beberapa orang beranggapan bahwa tidur siang adalah salah satu cara untuk menyegarkan tubuh setelah beraktivitas. Akan tetapi, tidur siang juga bisa membuat seseorang menjadi susah tidur saat malam harinya.

Oleh sebab itu, apabila kamu terlalu lelah dan ingin tidur siang, maka usahakan untuk tidur selama 10 sampai 20 menit saja. Kemudian, usahakan untuk bangun sebelum jam 3 sore.

4. Kurangi Konsumsi Minuman Beralkohol dan Kafein

      Cara mengatasi susah tidur selanjutnya adalah dengan mengurangi dan menghindari konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Misalnya, kopi, minuman soda, teh, dan minuman beralkohol.

      Terutama pada waktu sore dan malam hari menjelang tidur. Kemudian, hindari juga mengonsumsi makan dalam porsi yang banyak di waktu menjelang tidur. Hal tersebut berisiko mengaktifkan kembali saluran pencernaan. Sehingga kamu akan tetap terjaga dan susah tertidur. Terutama untuk penderita asam lambung, hal tersebut sangat penting untuk dihindari. Sebab, akan berdampak buruk bagi kesehatan dan pola tidur.

5. Jangan Merokok Sebelum Tidur

      Bukan hanya minuman beralkohol dan berkafein saja, kamu juga tidak boleh merokok saat ingin tidur. Kandungan nikotin yang ada di dalam rokok bisa membuat kamu susah tidur.

6.  Olahraga Secara Rutin

      Olahraga secara rutin minimal 30 menit sehari bisa membuat kualitas tidur kamu meningkat. Walaupun begitu, kamu tidak disarankan melakukan olahraga sebelum tidur. Hal tersebut justru akan membuat kamu semakin susah tidur, karena olahraga sebelum tidur dapat memberikan efek stimulan.

7.  Hindari Stress Berlebihan

      Ketika kita mengalami stress, maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Hormon tersebut dapat mengganggu pola tidur yang sehat loh. Nah, untuk meredakan stress, kamu bisa mencoba cara-cara berikut ini, yaitu dengan melakukan meditasi, yoga, atau relaksasi sebelum tidur. Selain cara-cara di atas, kamu juga mencoba cara lain dalam mengatasi susah tidur, yaitu dengan mandi air hangat sebelum tidur, membaca sebuah buku, atau mendengarkan musik favorit.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga