Siku Tidak Sakit Saat Dicubit, Mengapa? - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Siku Tidak Sakit Saat Dicubit, Mengapa?

1 bulan yang lalu
Siku Tidak Sakit Saat Dicubit, Mengapa?
Source: Freepik.com

Beberapa orang dan mungkin salah satunya kamu mempertanyakan kenapa siku tidak sakit saat dicubit? Tapi kenapa ketika siku terbentur tembok atau lainnya dengan keras terasa sakit? Nah, artikel ini akan membantu kamu menjawab pertanyaan ini.

Mungkin dianggap hal sepele, tetapi masih banyak orang penasaran kenapa jika bagian siku dicubit tidak terasa sakit dibandingkan di bagian lain. Mungkin kamu penasaran kenapa hal ini bisa terjadi, betul tidak? Yuk, simak artikel ini hingga selesai!

Fungsi Kulit Manusia

Sebelum kamu mengetahui apa penyebab kulit siku tidak merasa sakit saat dicubit, alangkah baiknya ketahui dahulu apa fungsi kulit manusia. Sebagai organ tubuh terluar, fungsi kulit terbilang sangat penting bagi manusia.

Tidak hanya melindungi tubuh dari berbagai penyakit, kulit manusia juga memiliki fungsi sebagai pelindung tubuh bagian dalam yang sensitif seperti otot, saraf, hingga tulang. Karena itulah kenapa kesehatan kulit perlu dijaga.

Kuli memiliki beberapa susunan komponen mulai dari air, protein, lemak, beberapa jenis mineral, hingga senyawa kimia. Kulit juga dikenal sebagai organ tubuh terbesar, bahkan rata-rata kulit orang dewasa memiliki bobot mencapai 2.7 kilogram.

Kulit merupakan organ perasa yang menutupi tubuh kita sehingga, kulit dapat merasakan dingin, panas, rasa sakit, dan lainnya. Pasalnya kulit ini tersambung dengan saraf perasa yang super sensitif. Tetapi, kenapa kulit siku tidak merasakan sakit saat dicubit? Simak terus!

Fungsi Bagian Saraf Pada Lengan dan Siku

Bagian siku pada tubuh manusia tersambung dengan saraf yang bernama ulnar. Saraf ini tersambung mulai dari leher hingga jari kelingking dan jari manis. Saraf ulnar ini merupakan saraf yang bertanggung jawab atas rasa sakit di bagian lengan.

Saraf ulnar memiliki peranan untuk membiarkan lengan hingga jari-jari tangan merasakan sensasi seperti kesemutan saat lengan terbentur meja, kram, dan lainnya. Selain itu, saraf ulnar juga memiliki peranan penting untuk menstimulus otot.

Otot yang distimulus oleh saraf ini dapat membuat lengan kamu dapat bergerak dengan bebas. Nah, ketika kamu mengalami mati rasa pada bagian tangan mulai dari bahu hingga ujung jari kemungkinan besar kamu mengalami masalah pada bagian saraf ulnar.

Ketika kamu mengalami masalah ini maka segera pergilah ke dokter agar dapat dilakukan penganan lebih lanjut. Tetapi kenapa kulit siku dicubit tidak terasa sakit? Sebenarnya ketika kamu mencubit siku rasa sakit tetap ada akan tetapi tidak terlalu besar.

Kenapa Kulit Sikut Tidak Sakit Saat Dicubit?

Alasan kenapa sikut tidak sakit saat dicubit sebenarnya cuku sederhana. Ketika kamu mencubit pada bagian siku, kamu hanya mencubit bagian kulit dan lemak saja yang melindungi siku kita.

Terlebih lagi memang, pada bagian siku ini tidak ada otot. Jadi, hanya terdapat kulit, sedikit lemak, dan tulang saja. Nah, maka dari itu saat kamu mencubit pada bagian siku tidak akan terlalu merasakan sakit meski memang sakit masih ada terasa.

Sikut juga memiliki reseptor yang kurang dibandingkan dengan bagian kulit lainnya. Tentunya jika reseptor ini kurang maka otak tidak akan memproses reaksi yang terjadi pada kulit siku kita ketika dicubit. 

Nah, itu tadi jawaban pertanyaan yang sering kali ada di pikiran orang-orang dan mungkin salah satunya kamu. Apakah kamu memiliki pertanyaan lain? Yuk, tulis di kolom komentar nanti kami akan jawab dengan artikel yang bisa kamu baca!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga