Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bootloop di Android - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Penyebab dan Cara Mengatasi HP Bootloop di Android

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/77e323ae2eda86d56d4c34e7560956d401cec2ae.webp

 

HP Anda bootloop? Jangan dulu datang ke tempat service! Sebelum kamu datang ke tempat service ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah ini. Penasaran bagaimana cara mengatasi HP bootloop sendiri? Simak terus artikel ini!

Salah satu masalah yang sering kali dijumpai oleh pengguna smartphone Android yaitu bootloop. Masalah bootloop ini dapat menimbulkan ponsel stuck dilogo dan tidak bisa masuk ke menu home. Apakah Anda mengalami hal serupa? Apa penyebabnya?

Penyebab HP Bootloop

https://biartau.id/images/4c79c06a91625979b9ae1fe8a64dd4ac8e3b84b6.webp

 

Bootloop merupakan masalah yang dapat membuat ponsel Android Anda restart terus menerus karena stuck di logo Android. Nah, sebelum Anda mengetahui cara mengatasi HP bootloop maka ketahui dahulu apa saja penyebabnya. Berikut berbagai penyebabnya.

1. Memasang Custom ROM

Penyebab pertama kenapa masalah bootloop ini terjadi yaitu karena kesalahan memasang Custom ROM. Paket Custom ROM yang rusak dan juga terdapat delvik-cache saat flashing ROM dapat menimbulkan masalah bootloop.

2. Instal MOD

Jika kamu menggunakan aplikasi MOD yang memerlukan akses root maka perlu berhati-hati karena dapat menyebabkan ponsel bootloop. Hal ini terjadi karena beberapa faktor mulai dari aplikasi mood tidak support dengan sistem Android hingga aplikasi terkena virus.

3. Kegagalan Saat Restore System

Kegagalan saat restore data system backup juga dapat menjadi penyebab selanjutnya ponsel Anda mengalami bootloop. Hal ini terjadi karena saat melakukan restore system backup masih ada dalvik-cache yang lama dan belum terhapus secara sempurna.

4. Overclock Android

Penyebab selanjutnya kenapa ponsel Anda mengalami masalah bootloop adalah karena overclock Android. Overclock merupakan cara untuk meningkatkan performa ponsel secara paksa. Nah, ketika ini dilakukan dapat menyebabkan kegagalan sistem yang menyebabkan bootloop.

Cara Mengatasi HP Bootloop Sendiri

https://biartau.id/images/fddd87693754d9066b66cfab7c614f6b4ae0bf4f.webp

 

Sebelum Anda datang ke tempat service coba terlebih dahulu mengatasinya sendiri. Bagaimana cara mengatasi HP bootloop? Berikut berbagai cara untuk mengatasi HP Android yang bootloop.

1. Restart HP

Cara paling sederhana untuk mengatasi masalah ini adalah dengan restart ponsel pintar. Biasanya bootloop dapat terjadi ketika Anda terjadi kesalahan saat instal aplikasi. Nah, jika kamu mengalami masalah bootloop karena salah instal aplikasi coba atasi dengan restart.

Anda bisa mematikan dahulu perangkat smartphone kemudian menyelakannya kembali. Jika masalah bootloop tetap terjadi maka cobalah dengan mencabut terlebih dahulu baterai ponsel Anda kemudian masukkan kembali untuk menyalakannya.

2. Factory Reset

Jika masalah bootloop masih terjadi maka cara selanjutnya Anda dapat mencoba factory reset. Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dicoba sebelum datang ke tempat service. Namun, ketika Anda mencoba cara ini maka data-data di ponsel akan hilang.

Mulai dari data foto, video, hingga aplikasi juga akan hilang. Nah, setelah Anda mengetahui risiko ketika factory reset maka selanjutnya adalah ketahui bagaimana caranya mengatasi bootloop, berikut berbagai caranya.

  • Pastikan dahulu baterai ponsel Anda minimal 70%.
  • Kemudian nyalakan ponsel Anda sembari klik tombol volume UP dan Power secara bersamaan beberapa detik hingga masuk ke menu recovery mode.
  • Setlah itu cari menu “Factory reset/wipe data”.
  • Gunakan tombol volume untuk navigasi.
  • Jika Anda sudah menemukan menu factory reset klik tombol power untuk menyetujui untuk reset ponsel.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses selesai dan ponsel pun akan restart dan masuk ke menu home ponsel Anda.

Nah, jika berbagai cara mengatasi HP bootloop di atas masalah masih terjadi maka tentunya solusi terakhir datang ke tempat service. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Akhir kata, lebih baik mencegah dari pada mengatasi sehingga hindari penyebab-penyebabnya.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga