Kenapa Uang Tidak Boleh Dicetak Banyak? Ternyata Begini! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Kenapa Uang Tidak Boleh Dicetak Banyak? Ternyata Begini!

27 hari yang lalu
Kenapa Uang Tidak Boleh Dicetak Banyak? Ternyata Begini!
Source: Freepik.com

Pernahkah Anda berpikir kenapa Indonesia tidak mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk membayar hutang? Ternyata untuk mencetak uang tidak bisa sembarangan. Karena ketika mencetak uang berlebihan dapat menyebabkan beberapa masalah, simak artikel ini!

Salah satu hak negara adalah untuk mencetak uang sebagai alat tukar atau bertransaksi. Negara merupakan lembaga satu-satunya yang berhak mencetak uang, kemudian proses pencetakan uang dilanjutkan oleh bank sentral.

Dampak Mencetak Uang Berlebihan

Kenapa Uang Tidak Boleh Dicetak Banyak? Ternyata Begini!
Source: Freepik.com

Dalam mencetak uang kuantitasnya tidak bisa sembarangan karena dapat menyebabkan beberapa faktor yang membuat kestabilan negara menjadi terganggu. Lalu apa saja dampaknya ketika negara mencetak uang berlebihan? Beriku ulasannya.

1. Nilai Uang Akan Menjadi Turun

Ketika negara mencetak uang dalam jumlah besar maka nilai uang itu sendiri malah akan turun. Banyaknya uang yang bereda yang tidak diimbangi dengan semakin banyaknya barang di pasar maka akan membuat harga barang tersebut menjadi.

Karena hal itulah, barang tersebut akan menjadi langka dicari. Hal ini dapat menyebabkan nilai yang sudah dicetak banyak justru malah dapat merosot dan bahkan tidak bisa bernilai lagi. Maka dari itu, negara tidak pernah mencetak uang berlebihan!

2. Dapat Menyebabkan Inflasi

Dampak selanjutnya yang dapat dialami oleh negara ketika mencetak uang secara berlebihan adalah dapat menyebabkan inflasi. Inflasi ini muncul saat penggunaan uang tidak ditopang dengan komoditas yang imbang. 

Sebagai contoh, Inggris dan Jerman di tahun 1900-an pernah mengalam inflasi saat negaranya tidak ditopang dengan emas, akan tetapi malah mencetak uang sebanyak-banyaknya demi membiayai perang.

3. Malah Muncul Utang Negara

Niatnya untuk membayar hutang, mencetak uang untuk membayar hutang negara malah dapat memunculkan utang baru. Uang yang dicetak tidak ditopang dengan komoditas, maka pertambahan aset pemerintah justru tidak bertambah.

Karena hal inilah membuat pemerintah menjadi tidak punya apa-apa untuk membayar karena aset negara yang malah berkurang. Nah, oleh karena itulah kenapa negara tidak boleh mencetak uang sebanyak-banyaknya untuk membayar hutang.

Kasus Hiperinflasi di Zimbabwe Karena Mencetak Uang Berlebihan

Kenapa Uang Tidak Boleh Dicetak Banyak? Ternyata Begini!
Source: Freepik.com

Hiperinflasi Zimbabwe yang terjadi pada tahun 2007-2009 menjadi salah satu peristiwa inflasi dalam sejarah dunia. Hiperinflasi di Zimbabwe terjadi karena masifnya negara mencetak uang untuk membiayai pengeluaran pemerintah.

Inflasi harian di Zimbabwe kala itu bahkan bisa melonjak sampai 98%, angka yang cuku tinggi. Inflasi yang besar setiap harinya membuat harga barang menjadi melonjak bahkan bisa mencapai dua kali lipat dalam satu harinya.

Akibat dari Inflasi yang sangat parah ini membuat Zimbabwe menjadi kolaps dan membuat angka pengangguran kala itu naik hingga 80%. Pada tahun 2007 bahkan inflasi ini melonjak hingga 66200% selama satu tahun, mengerikan bukan?

Puncaknya inflasi yang terjadi pada tahun 2008, inflasi mencapai hingga 79.600.000.000% per bulannya dan memuncak hingga 89,7 sextilliun persen dalam satu tahunnya. Tentunya hal ini cukup menakutkan dan bisa membuat negara jadi bangkrut.

Karena hiperinflasi yang terbilang parah ini, pemerintah Zimbabwe pun pada tahun 2009 akhir resmi memberhentikan percetakan uang demi menahan inflasi yang semakin tinggi. Selain itu, pemerintah juga membolehkan warganya menggunakan mata uang asing untuk transaksi.

Nah, itu tadi uraian terkait kenapa uang tidak boleh dicetak banyak. Jadi jangan lagi Anda berpikiran bahwa mencetak uang berlebihan adalah cara untuk membuat rakyat makmur, malah sebaliknya dapat lebih menyengsarakan rakyat.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga