Kenapa Kapal Laut Tidak Tenggelam? Ini Alasannya! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Kenapa Kapal Laut Tidak Tenggelam? Ini Alasannya!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/5eb37b385d59a4bd401b4eee6788da937d383785.webp
Source: Freepik.com

Apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa kapal laut yang memiliki bobot besar bisa tidak tenggelam? Jika kamu memiliki pertanyaan seperti ini, maka kamu sudah masuk pada situs yang tepat, karena situs ini merupakan tempat untuk cari tahu, biartau!

Kapal laut merupakan alat transportasi air yang berguna untuk mengangkut penumpang ataupun barang di perairan hingga menuju daratan yang akan dituju. Nah, untuk bisa melawati lautan dengan tidak tenggelam tentunya ada teknologi khusus, simak terus!

Sejarah Awal Mula Kapal Laut Tercipta

Sudah sejak zaman dahulu penggunaan dari kapal laut ini dipakai oleh para nenek moyang kita untuk mengarungi samudra lautan. Berdasarkan sejarah, kapal ini dijadikan sebagai kendaraan utama pada era penjelajahan samudra.

Namun, apakah kamu pernah memikirkan kenapa kapal laut bisa ada? Siapa penciptanya? Nah, ternyata pencipta kapal laut pertama yaitu Robert Fulton. Dirinya membuat kapal menggunakan sistem roda kayuh pada tahun 1830 yang diuji coba di Prancis.

Kemudian, seiring kemajuan peradaban hadirnya kapal uap yang dibuat oleh Sungai Hudson pada tahun 1807. Kapal ciptaan dari Sungai Hudson ini merupakan jenis kapal yang sudah mengalami penyempurnaan baik itu dari segi rancangan mesin dan juga efisiensi.

Nah, untuk kapal yang memiliki teknologi uang ini akhirnya dijadikan sebagai awal lahirnya berbagai kapal modern seperti saat ini. Sekarang kapal laut dilengkapi dengan berbagai teknologi khusus yang membuat pengoperasiannya menjadi lebih optimal.

Di dalam kapal laut terdapat banyak alat-alat tertentu yang mendukung kinerja kapal untuk mengarungi lautan secara leluasa. Biasanya alat-alat yang ada di kapal seperti alat navigasi, alat pertolongan, alat pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi.

Hingga saat ini ada banyak jenis-jenis kapal yang masih digunakan untuk mengarungi lautan. Berbagai jenis kapal ini seperti kapal dayung, kapal layar, kapal nuklir, kapal diesel, kapal pesiar, kapal tanker, kapal selam, dan masih banyak lagi.

Alasan Kapal Laut Tidak Tenggelam

Apakah kamu pernah bertanya-tanya kenapa kapal laut bisa mengapung di lautan padahal bentuknya besar? Nah, fenomena ini tentunya terdapat penjelasan ilmiah yang dapat kamu pahami. Lalu, apa jawabannya? Simak terus artikel ini!

Kapal tetap bisa mengapung di atas air karena kapal yang memiliki massa besar dapat memindahkan air yang jumlahnya sangat besar juga. Berbeda dengan batu yang kita lemparkan ke air akan tenggelam.

Batu yang dilemparkan ke air akan tenggelam dikarenakan batu hanya dapat memindahkan sedikit air saja. Batu tenggelam karena lebih berat dibandingkan dengan jumlah air yang dipindahkannya.

Sebuah benda dapat terapung di atas air dan tidak tenggelam dikarenakan massa benda tersebut lebih kecil atau sama dengan massa cairan. Sebaliknya, jika massa jenis benda lebih besar dari massa cairannya tentu benda tersebut akan tenggelam.

Ketika kapal tenggelam, hal ini dikarenakan air masuk ke kapal dan memaksa udara di dalamnya keluar, sehingga kerapatan rata-rata kapal akan menjadi lebih besar dari air. Salah satu tragedi tenggelam yang lekat di ingatan yaitu tenggelamnya kapal Titanic.

Tenggelamnya kapal Titanic 1912, dikarenakan gunung es merobek lambung kapal sehingga banyak air yang masuk sehingga menyebabkan udara terpaksa keluar dan kapal pun tenggelam.

Nah, itu tadi uraian terkait pertanyaan kenapa kapal laut bisa tidak tenggelam di atas air. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan menjadi bahan pembelajaran. Jangan lupa tinggalkan komentar positif!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga