Cara Menghapus Kolom Kosong di Excel Praktis dan Cepat - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Menghapus Kolom Kosong di Excel Praktis dan Cepat

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/e82b2e76c0a506971794c0e6cc0333bc59247f63.webp

 

Umumnya para pengguna baru Excel kebingungan bagaimana cara menghapus kolom kosong di Excel, dan mungkin salah satunya Anda. Pada artikel kali ini akan menjelaskan cara mudah dan juga cepat dalam menghapus kolom yang kosong.

Menghapus kolom kosong yang sudah tidak diperlukan bertujuan untuk membuat lembar kerja menjadi lebih rapi dan data-data yang ditampilkan lebih enak dilihat. Nah, agar Anda mulai bisa mengoperasikan Excel untuk menghapus kolom kosong simak terus artikel ini!

Cara Menghapus Kolom Kosong di Excel Paling Mudah

https://biartau.id/images/0dc6ec18402230eb5d7a420ac2b65f7360482a37.webp
Source : Detik.com

 

Ada dua cara menghapus kolom kosong di Excel yang bisa Anda coba. Mulai dari cara yang mudah hingga cara praktis dengan fitur-fitur filter dari Excel. Untuk cara yang pertama mari kita bahasa terlebih dahulu cara menghapus kolom paling mudah.

1. Menghapus Kolom dengan Klik Kanan

Cara menghapus kolom yang mudah juga dibagi dua, ada yang menggunakan cara klik kanan dan ada juga menghapus kolom dari bar menu dengan fitur Delete Sheet Column. Nah, tidak perlu banyak lama lagi berikut berbagai cara menghapus kolom kosong yang paling mudah.

Cara pertama yang bisa Anda coba adalah menghapus kolom dengan menggunakan klik kanan saja, mungkin cara ini sudah Anda ketahui. Namun, jika Anda belum mengerti bagaimana caranya maka bisa coba ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka terlebih dahulu dokumen Excel Anda.
  • Selanjutnya seleksi kolom yang akan dihapus menggunakan tombol “CTRL” sekaligus tekan keyboard panah dan arahkan pada kolom apa saja yang ingin di hapus.
  • Kemudian setelah berhasil diseleksi lalu klik kanan.
  • Akan muncul menu option, arahkan kursor ke bagian delete, lalu klik.
  • Setelah itu akan muncul option box delete, lalu pilih entire column untuk menghapus kolomnya.
  • Langkah terakhir klik ok untuk mengeksekusi perintah menghapus kolom ini. 

Nah, itu tadi cara untuk menghapus kolom paling mudah menggunakan klik kanan. Selain menggunakan cara ini terdapat cara yang lebih sederhana dan juga mudah yaitu menggunakan fitur Delete Sheet Columns.

2. Menghapus Kolom dengan Delete Sheet Column

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang memberikan penggunanya fleksibilitas dalam mengoperasikannya, termasuk dalam menghapus kolom. Nah, cara menghapus kolom kosong di Excel selanjutnya adalah degan menggunakan fitur Delete Sheet Rows, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama Anda perlu membuka terlebih dahulu dokumen yang ingin di hapus kolomnya.
  • Kemudian, pilih menu delete yang ada pada bagian tab Home kategori Cells, tepatnya di pojok kanan layar sedikit di samping editing.
  • Selanjutnya, klik menu delete lalu akan muncul beberapa pilihan delete.
  • Jika Anda ingin menghapus kolom maka klik Delete Sheet Columns.
  • Namun, pastikan Anda sudah seleksi kolom yang ingin dihapus terlebih dahulu.

Nah, itu tadi cara pertama untuk menghapus kolom yang bisa Anda coba. Namun, cara ini efektif hanya menghapus satu persatu kolom saja. Ada cara yang lebih efektif jika Anda telah memiliki banyak data dan ingin menghapus kolom kosong sekaligus, simak terus artikel ini!

Cara Menghapus Kolom Kosong Sekaligus Lebih Praktis

https://biartau.id/images/9979ecdf53905ba73475010a607db64760fec379.webp
Source : Begin-it

 

Excel merupakan perangkat lunak yang memungkinkan para penggunanya untuk mengolah dan juga menghitung data numerik secara praktis. Excel memberikan banyak fitur termasuk delete, ada beberapa cara delete yang bisa dicoba untuk memudahkan penggunanya.

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah cara menghapus kolom kosong di Excel sekaligus. Cara ini sangat efektif jika Anda telah memiliki banyak data dan ingin menghapus kolom kosong dengan lebih praktis. Bagaimana caranya? berikut ulasannya.

Menghapus kolom kosong sekaligus tentunya dapat lebih efektif dibandingkan dengan Anda menghapus kolom kosong satu persatu. Terlebih lagi jika data sudah banyak tentunya akan sangat merepotkan jika menghapusnya satu persatu. Jadi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama buka terlebih dahulu dokumen yang ingin dihapus kolom kosongnya.
  • Kemudian seleksi semua lembar kerja Anda dengan klik “CTRL+A” di keyboard.
  • Selanjutnya masuk ke menu find & select yang ada di tab home.
  • Lalu klik Go To Spescial.
  • Setelah itu, centang blank untuk menyeleksi column kosong otomatis lalu klik ok.
  • Selanjutnya klik kanan, masuk ke menu delete lalu klik entire column.
  • Klik ok untuk mengonfirmasi penghapusan column. 
  • Kolom pun akan terhapus dan data yang Anda miliki akan jadi lebih rapi.

Jika Anda ingin menghapus baris yang ada di Excel kurang lebih caranya sama dengan berbagai cara di atas. Akan tetapi bedanya yaitu dari segi pilihannya saja, jika menghapus baris pilih opsi delete rows.

Nah, itu tadi beberapa cara yang bisa Anda coba cara menghapus kolom kosong di Excel. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda lebih mengerti mengoperasikan Excel. Jangan lupa tinggalkan komentar jika artikel ini dirasa bermanfaat!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga