Cara Menggunakan XAMPP Terlengkap, Pemula Perlu Tahu - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Menggunakan XAMPP Terlengkap, Pemula Perlu Tahu

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/32c579ce28d6dadff252d827adc29850dc6cf22e.webp

 

Jika Anda tertarik di bidang web development maka penting untuk mengetahui cara menggunakan XAMPP ini. Pasalnya, aplikasi ini sangat berguna untuk menghemat anggaran Anda dalam pembuatan website, kenapa bisa begitu?

Software ini memiliki fitur menarik yaitu berguna untuk menjalankan website secara offline atau localhost. Dengan kata lain, XAMPP ini berguna untuk menggantikan hosting ketika masa pembuatan situsnya sehingga anggaran biaya akan lebih hemat.

Apa Itu XAMPP?

https://biartau.id/images/6c08557ebdebfcfa79c5e0724c475e642c60fe01.webp

 

XAMPP hadir pada tahun 2002 dan masih eksis digunakan oleh para web programer untuk membantu mengembangkan website yang sedang dirancang. Aplikasi yang sangat berguna ini diciptakan oleh Kai Oswalad Seidler dan Kay Vogelgesang.

Sebelum mengetahui cara menggunakan XAMPP, ketahui terlebih dahulu apa itu XAMPP. XAMPP merupakan aplikasi atau software web server berbasis open source atau juga bebas. Aplikasi ini dapat digunakan pada sistem operasi cross platform.

Jadi, XAMPP dapat berjalan pada sistem operasi seperti Windows, Linux, dan juga MacOS. XAMPP merupakan singkatan dari X artinya Cross Platform, A artinya Apache, M yaitu MySQL, P artinya PHP, dan P kedua yaitu Perl. Program-program ini ada di aplikasinya.

Aplikasi ini memiliki setidaknya 5 komponen penting yaitu Htdocs, Control Panel, PhpMyAdmin, Config, dan juga Netstat. 5 komponen ini sangat membantu Anda dalam mengembangkan website yang sedang di buat.

XAMPP biasanya digunakan untuk membuat website dapat berjalan secara lokal di komputer atau localhost. Karena itu, aplikasi ini biasanya digunakan untuk mengembangkan website sebelum situs dapat diakses oleh orang lain.

Fungsi dari XAMPP

XAMPP merupakan aplikasi yang berjalan secara offline layaknya web hosting akan tetapi tidak bisa diakses oleh orang lain. Lalu, apa sebenarnya fungsi dari XAMPP? Nah, sebelum mengetahui cara menggunakan XAMPP ketahui dahulu fungsi-fungsinya di bawah ini.

1. Mengakses dan Memodifikasi Database

Fungsi XAMPP yang pertama yaitu berguna untuk mengelola database melalui PhpMyAdmin dengan akses server lokal. Adanya fitur PhpMyAdmin maka penggunanya dapat membuat, menghapus, mengedit, menambah user dan juga database.

2. Menguji Fitur Website Secara Offline

Tidak hanya itu saja XAMPP juga digunakan sebagai aplikasi untuk menguji fitur yang ada pada website sebelum digunakan oleh publik. Situs yang dirancang akan dijalankan pada localhost tanpa koneksi internet sama sekali. Anda hanya perlu menjalankan di control panel.

3. Berguna untuk Menjalankan Laravel

Ketika Anda menggunakan framework Laravel maka Anda perlu instal XAMPP untuk menjalankan website secara localhost. Laravel merupakan framework PHP yang dapat memudahkan pengembangan website

Nah, itu tadi beragam fungsi dari software XAMPP. Lalu, bagaimana cara menggunakan XAMPP? Untuk mengetahui bagaimana cara penggunanya Anda perlu untuk simak terus artikel ini hingga selesai!

Instal dan Cara Menggunakan XAMPP

XAMPP ini memilikinya banyak fitur unggulan seperti PHP, MYSQL, Apache, dan masih banyak lagi fitur unggulan lainnya. Untuk bisa menggunakan aplikasi ini Anda harus terlebih dahulu instal di perangkat komputer Anda. Jadi simak terus!

1. Instal Terlebih Dahulu

https://biartau.id/images/632e2d80ccbadeeba17524c0cd22871a138f931b.webp

 

Ketika Anda ingin menggunakan XAMPP tentunya Anda harus terlebih dahulu instal aplikasi ini. Untuk proses instal aplikasi XAMPP terbilang mudah, berikut langkah-langkah untuk instalasinya.

  • Langkah pertama unduh terlebih dahulu XAMPP di link resminya yaitu https://www.apachefriends.org/index.html.
  • Kemudian setelah selesai mengunduh, maka lakukan ekstrasi file dan mulai masuk tahap instalasi.
  • Tentukan file direktori untuk menyimpan data aplikasi XAMPP, sangat disarankan disimpan pada direktori system.
  • Langkah terakhir tinggal tunggu proses instalasi selesai.

2. Cara Penggunaan XAMPP

https://biartau.id/images/483d72360ffcac5c8a5b439ad61cfddfa9fd4272.webp

 

Setelah proses instal selesai maka Anda bisa menggunakannya untuk berbagai keperluan pengembangan website secara localhost. Nah, di bawah ini langkah-langkah cara menggunakannya.

  • Langkah pertama buka aplikasi  XAMPP dahulu.
  • Kemudian tinggal tekan modul yang perlu Anda perlukan misalkan Anda klik tombol start pada modul Apachedan MySQL.
  • Setelah aplikasi berjalan dan tidak ada pesan error artinya XAMPP berjalan dengan normal.
  • Ketik localhost pada internet exploler milik Anda.

Nah, itu tadi cara menggunakan XAMPP mulai dari proses instal hingga cara menggunakannya. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda mempelajari XAMPP untuk mengembankan website. Semoga membantu! 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga