Cara Membersihkan Laptop yang Lemot Windows 7/8/10/11 - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Membersihkan Laptop yang Lemot Windows 7/8/10/11

1 bulan yang lalu
Cara Membersihkan Laptop yang Lemot
Source: Freepik.com

Laptop yang lemot tentunya dapat mengganggu kegiatan kamu dalam menggunakan laptop. Ada beberapa faktor yang dapat membuat laptop jadi lambat. Ketahui penyebabnya dan cara membersihkan laptop yang lemot agar cepat kembali gesit di artikel ini!

Laptop merupakan salah satu perangkat yang memiliki banyak fungsi mulai dari untuk bekerja, bersekolah, menonton film, dan masih banyak lagi. Ketika laptop menjadi lemot tentunya dapat membuatmu kesal, ternyata masalah ini dapat disebabkan oleh beberapa hal yang jarang disadari.

Penyebab Laptop yang Lemot

Cara Membersihkan Laptop yang Lemot
Source: Freepik.com

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara membersih laptop yang lemot agar lancar kembali, ketahui dahulu apa saja penyebab laptop menjadi lemot. Dengan mengetahui apa saja penyebabnya dapat membuat kamu bisa mencegah masalah ini terjadi, berikut berbagai penyebabnya.

1. Penyimpanan Hardisk Penuh

Penyebab pertama kenapa laptop kamu menjadi lebih lambat adalah karena penyimpanan hardisk yang penuh. Ada beberapa faktor yang membuat penyimpanan hardisk laptopmu penuh mulai dari terlalu banyak temporary program, file tidak penting, dan banyak lagi.

2. Kapasitas RAM Penuh

RAM merupakan hardware untuk menyimpan data sementara di laptop. Ketika RAM penuh dapat mempengaruhi performa dari laptop kamu. Biasanya, RAM penuh karena banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang.

3. Terjangkit Virus

Virus dapat menjadi salah satu penyebab selanjutnya kenapa laptop kamu menjadi lambat. Ada beberapa virus yang menduplikasi berkas sehingga dapat membuat penyimpanan penuh. Ada juga virus yang menyarang penyimpanan RAM.

4. Kerja Browser Terlalu Berat

Penyebab selanjutnya kenapa laptop lemot adalah karena kerja browser terlalu berat. Biasanya cache yang menumpuk dan juga terlalu banyak membuka tab di browser kamu dapat menjadi penyebab ponsel kamu menjadi lambat.

5. Tidak Memperbarui Sistem Operasi

Tidak memperbarui sistem operasi Windows kamu dapat menjadi salah satu penyebab kenapa laptopmu menjadi lambat. Sistem operasi yang lawas tentunya kurang mumpuni untuk menjalankan beberapa aplikasi terbaru sehingga sering kali menimbulkan lemot.

Nah, itu tadi beberapa penyebab kenapa laptop milikmu menjadi lambat atau lemot. Tentunya ketika masalah ini terjadi sangat menghambat ketika kamu mengoperasikan laptop. Setelah mengetahui apa saja penyebabnya, maka selanjutnya ketahui cara untuk mengatasinya.

Cara Membersihkan Laptop yang Lemot Agar Cepat Kembali

Cara Membersihkan Laptop yang Lemot
Source: Freepik.com

Setela kamu mengetahui apa saja penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara membersihkan laptop yang lemot. Penasaran bagaimana caranya? Berikut berbagai cara untuk membuat laptop anti lemot, seperti baru!

1. Membersihkan Laptop Lemot Windows + R

Langkah pertama klik tombol Windows + R pada keyboard kamu untuk membuka fitur Run. Klik ketik temp, maka akan otomatis file exploler menunjukkan seluruh folder Temp. Setelah itu pilih semua folder lalu klik kanan, pilih delete

2. Mematikan Fungsi TSR dan Juga Startup Program

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan task manager untuk melihat program apa yang sedang berjalan pada background memori dan CPU yang sedang digunakan. Setelah itu, klik processes dan pilih program yang ingin dinonaktifkan dengan klik tombol end task.

3. Membersihkan Hardisk

Seperti dijelaskan di atas, bahwa hardisk yang penuh dapat mempengaruhi performa laptop. Jadi, penting bagi kamu untuk menjaga kapasitas hardisk tetap besar. Kamu bisa menghapus beberapa file tidak penting atau bisa juga menambah kapasitas hardisk.

4. Scan Virus

Cara membersihkan laptop yang lemot selanjutnya adalah dengan membersihkan virus yang ada di laptop kamu. Pilih aplikasi antivirus yang ringan agar performa laptop kamu tetap optimal. Pilih antivirus ringan seperti Smadav, avast, dan masih banyak lagi.

5. Perbarui Sistem Operasi

Cara selanjutnya adalah dengan memperbarui sistem operasi Windows laptopmu. Seperti diketahui bahwa update sistem operasi berguna untuk menambah fitur dan memperbarui beberapa bug yang ada. Sehingga tentunya penting bagi kamu untuk selalu update sistem operasi.

Laptop yang lemot tentunya dapat menghambat kegiatan kamu dalam menggunakan perangkat ini. Jadi, coba beberapa cara membersihkan laptop yang lemot seperti dijelaskan di atas agar masalah cepat teratasi. Cari tahu! Biartau!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga