Bounce Rate Adalah? Definisi, Fungsi dan Cara Optimasinya - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Bounce Rate Adalah? Definisi, Fungsi dan Cara Optimasinya

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/76fccf3254d86f57cd697028c339293854cc7d1e.webp

 

Bounce Rate adalah faktor yang penting untuk Anda perhatikan ketika situs Anda ingin sukses masuk ke halaman utama. Lalu apa sebenarnya Bounce Rate? Bagaimana cara optimasinya? Simak terus artikel ini hingga selesai!

Situs yang dimiliki masuk ke halaman utama merupakan impian setiap orang dan mungkin salah satunya Anda. Nah, untuk bisa masuk ke halaman utama di mesin pencarian tentunya tidak mudah. Salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan adalah Bounce Rate.

Bounce Rate Adalah

Apa itu Bounce Rate? Pada dasarnya Bounce Rate merupakan istilah dalam menggambarkan persentase berapa lama pengunjung berada di website yang kita miliki. Semakin lama audience berada di situs Anda semakin bagus Bounce Rate yang didapatkan.

Nilai dari indeks Bounce Rate ini mulai dari 0% - 100%. Perhitungan Bounce Rate sendiri terbilang unik, apabila website Anda memiliki angka Bounce Rate hampir mendekati 100% maka kondisi situs Anda tidak optimal untuk masuk ke halaman utama.

Sebaliknya, jika website Anda memiliki Bounce Rate yang kecil maka kondisi website sudah optimal dan berpotensi masuk ke halaman utama. Menurut beberapa ahli SEO Bounce Rate dikatakan baik jika nilainya kurang dari 50%.

Nah, untuk melihat Bounce Rate ada beberapa tools yang bisa digunakan mulai dari yang gratis yaitu Google Analytic hingga yang berbayar yaitu Semrush. Nah, setelah Anda mengetahui apa itu Bounce Rate, maka selanjutnya ketahui apa fungsinya.

Fungsi Bounce Rate

https://biartau.id/images/31bf9805415f743597b7be1eaa83073f698a8a26.webp

 

Bounce Rate adalah salah satu faktor yang dapat membantu Anda masuk ke halaman utama mesin pencarian. Kenapa Bounce Rate ini penting? Pasalnya jika diperinci kembali, Bounce Rate ini memiliki banyak fungsi penting untuk kesuksesan strategi SEO sebagai berikut.

1. Mampu Meningkatkan Kepercayaan Mesin Pencarian

Fungsi pertama yaitu dapat meningkatkan kepercayaan mesin pencarian terhadap situs Anda. Pasalnya situs dengan nilai Bounce Rate rendah, dapat dinilai sebagai situs yang baik karena terbukti dengan lamanya pengguna berada di situs Anda.

2. Menjadi Salah Satu Indikator untuk Evaluasi

Selanjutnya, fungsi Bounce Rate adalah untuk menjadi indikator Anda evaluasi. Ketika Bounce Rate tinggi, maka kemungkinan besar kualitas situs kurang bagus. Alhasil audience hanya berkunjung sebentar di situs Anda dan membuat Bounce Rate menjadi meningkat.

3. Membantu Anda Dalam Meningkatkan Kualitas Website

Fungsi selanjutnya yaitu untuk membantu Anda dalam meningkatkan kualitas situs. Ketika situs Anda memiliki Bounce Rate yang tinggi, maka segera untuk mengatasinya. Kuncinya yaitu membuat konten berkualitas agar audience betah berlama-lama.

Cara Menghitung Bounce Rate

https://biartau.id/images/85c91057b51e008cc3ee5a568b2b906ccb866ec7.webp
Source : Mangools

 

Bounce Rate adalah indikator penanda situs Anda berkualitas atau tidak sehingga penting untuk senantiasa memperhatikan Bounce Rate pada situs Anda. Namun, apakah sudah tahu berapa Bounce Rate pada situs Anda?

Untuk mengetahui Bounce Rate, Anda dapat menghitungnya sendiri. Nah, untuk menghitung Bounce Rate ada rumus yang perlu digunakan. Bagaimana rumusnya? Berikut rumus dan juga cara menghitungnya.

Rumus Bounce Rate: ( Jumlah Pengunjung yang Hanya Mengunjungi Satu Halaman / Jumlah Total Kunjungan di Situs Anda) x 100%.

Cara menghitung Bounce Rate: Contoh, misalnya jumlah pengunjung pada satu halaman 500, sedangkan total kunjungan 1000. Jadi, hitungannya (500/1000) x 100% = 50%.

Selain menghitung sendiri, sebenarnya ada cara yang praktis yaitu Anda bisa menghubungkan website dengan Google Analytics. Google Analytics merupakan tools yang memberikan informasi terkait situs mulai dari trafik hingga Bounce Rate.

Cara Menurunkan Bounce Rate

Setelah mengetahui bagaimana cara untuk menghitung Bounce Rate, maka selanjutnya ketahui cara agar nilai Bounce Rate di website lebih rendah. Nah, tidak perlu bingung berikut berbagai cara untuk mengurangi Bounce Rate.

1. Meningkatkan Kualitas Konten

Cara menurunkan Bounce Rate adalah dengan meningkatkan kualitas konten yang dimiliki. Buatlah konten dengan penulisan SEO friendly. Selain itu, buatlah konten yang sesuai dengan keinginan pembaca dan juga pilih topik yang relevan.

2. Perhatikan Kecepatan Situs

Kecepatan situs memiliki pengaruh terhadap nilai Bounce Rate. Ketika kecepatan situs Anda lambat, Bounce Rate akan meningkat karena audience akan keluar dari situs Anda dan mencari situs lain. Anda dapat mengetes kecepatan situs dengan Pagespeed.web.dev.

3. Mendesain Situs Mobile Friendly

Buatlah tampilan situs Anda mobile friendly karena saat ini hampir semua orang mencari informasi melalui internet dari ponselnya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membuat tampilan yang mobile friendly agar pengguna lebih nyaman mengunjungi situs Anda.

4. Menunjukkan Kredibilitas

Biasanya orang yang ingin mencari informasi dari sumber-sumber dengan kredibilitas dapat dipertanggung jawabkan. Jadi Anda bisa menunjukkan kredibilitas dengan membuat tampilan profesional, cari referensi yang kredibel, dan mencantumkan penulis konten untuk meyakinkan pembaca.

5. Optimasi Gambar

Cara terakhir untuk menurunkan Bounce Rate adalah dengan optimasi gambar-gambar di situs Anda. Buatlah gambar dengan resolusi yang sedang agar situs lebih ringan. Selain itu, kurangi juga pop up yang membuat kenyamanan audience terhambat.

Bounce Rate adalah salah satu faktor yang dapat membantu website Anda merangkak ke halaman utama. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mempelajari lebih terkait Bounce Rate. Semoga artikel ini bermanfaat!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga