Apa Itu Plugin? Pengertian, Fungsi, dan Instal di Wordpress - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Apa Itu Plugin? Pengertian, Fungsi, dan Instal di Wordpress

2 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/3ec4db909edcbbab339acce36178c2f2bb0dd704.webp

 

Masih banyak orang belum mengerti apa itu plugin, khususnya bagi para pengguna baru layanan Wordpress. Padahal hadirnya layanan ini terbilang sangat penting terutama untuk menunjang fungsional dan juga performa pada situs Wordpress.

Plugin atau terkadang disebut juga dengan extension ini memiliki peranan penting untuk membuat situs Anda menjadi lebih profesional dan juga memiliki fungsi lebih baik. Nah, agar Anda lebih mengerti tentang plugin maka simak terus artikel ini!

Apa Itu Plugin di Wordpress?

https://biartau.id/images/7cba4c16b9912c9603f4ad039f243ef75269796e.webp

 

Plugin adalah tool tambahan untuk menambahkan fitur-fitur yang diprogram untuk menunjang kerja website. Plugin Wordpress merupakan ekstensi yang nantinya akan ditambahkan ke website untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsi dari situs Worpdress Anda.

Wordpress diciptakan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004. Tamapilan pada versi pertamanya terbilang sederhana dan berbeda dengan yang Anda lihat sekarang. Akan tetapi pada versi utamanya sudah banyak fitur yang disediakan.

Beragam fitur ditawarkan untuk memudahkan pengguna dalam mengelola dan mengembangkan situsnya. Fitur yang ada di versi utamanya mulai dari custom permalink, manajemen user, moderasi komentar, dan masih banyak lagi.

Tidak cukup dengan fitur yang itu saja, pihak developer Wordpress terus mengembangkannya yaitu dengan menghadir plugin. Dengan hadirnya plugin ini dapat membuat situs menjadi lebih fungsional dan juga profesional.

Ada banyak plugin yang bisa Anda gunakan di Wordpress mulai dari yang berbayar hingga gratis. Tentunya kualitas dan fungsi yang didapatkan antara gratis dengan berbayar cukup berbeda. Jadi, apakah Anda sudah paham apa itu plugin? Jika sudah, mari kita lanjut ke fungsinya.

Fungsi Hadirnya Plugin Wordpress

https://biartau.id/images/efa28bad3b69a41ebed4c8131ad20b5f889686f7.webp

 

Setelah mengetahui pengertian apa itu plugin di Wordpress selanjutnya penting bagi Anda untuk mengetahui apa fungsi dari extension ini sebenarnya. Plugin yaitu berfungsi untuk menyediakan fitur tambahan yang dapat mengubah dan memodifikasi program di situs Anda.

Adanya plugin ini tentunya dapat membantu Anda menciptakan situs yang sesuai dengan keinginan. Pasalnya, terkadang template yang disediakan kurang memiliki banyak fitur. Karena itu, hadirnya plugin ini terbilang sangat membantu.

Anda cukup unduh dan instal saja plugin yang diperlukan maka otomatis situs memiliki fitur baru. Misalnya, ketika Anda instal plugin toko online maka situs akan otomatis memiliki fitur selayaknya toko online mulai dari membuat tampilan produk hingga proses transaksi.

Ada banyak pilihan plugin yang bisa Anda gunakan untuk menambahkan fitur-fitur baru. Contohnya seperti WooCommerce untuk membuat toko online, ada juga Bookly untuk menambahkan fitur reservasi. Selain itu, masih banyak lagi plugin yang membuat situs lebih fungsional.

Di samping itu, ada juga plugin yang bekerja dibalik layar berfungsi untuk membuat performa situs menjadi lebih baik. Contohnya ada WPSmush untuk membuat gambar dikompresi, WordFence meningkatkan keamanan, hingga YoasSeo untuk optimasi SEO.

Jadi itu tadi fungsi dan juga pengertian apa itu plugin. Lalu bagaimana cara untuk pemasangan plugin? Sebenarnya, caranya sangat mudah. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengerti bagaimana cara memasang plugin pada situsnya. Maka dari itu, simak terus artikel ini!

Cara Instal Plugin Wordpress

https://biartau.id/images/191a2888ffbf8915be77f730901096209e5f3f29.webp
Source : Hostinger

 

Setelah mengetahui apa itu plugin maka selanjutnya ketahui juga cara memasang plugin pada website Anda. Terdapat dua cara untuk memasang plugin pada website Wordpress melalui wp-admin dan juga melalui komputer langsung. Agar lebih paham berikut beragam caranya.

1. Instal Langsung dari Wp-admin

Cara pertama untuk memasang plugin pada situs Anda yaitu dari halaman wp-admin langsung. Cara ini terbilang mudah sehingga kebanyakan orang lebih memilih cara ini. Nah, di bawah ini langkah-langkah pasang plugin melalui wp-admin.

  • Langkah pertama login terlebih dahulu.
  • Selanjutnya klik menu plugins lalu add new.
  • Otomatis akan di alihkah ke halaman instal plugin.
  • Kemudian cari plugin yang akan Anda instal.
  • Setelah menemukan plugin yang diperlukan selanjutnya klik install now.
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instal selesai kemudian klik tombol active untuk mengaktifkannya.

2. Upload Plugin dari Komputer

Wordpress memberikan beragam kemudahan bagi para penggunanya termasuk dalam menambahkan plugin dibutuhkan. Cara selanjutnya adalah upload plugin dari komputer Anda langsung. Berikut langkah-langkah pemasangan plugin dari komputer.

  • Langkah pertama masuk ke halaman wp-admin.
  • Masuk ke menu plugin kemudian klik add new.
  • Setelah masuk ke halaman plugin selanjutnya klik upload plugin.
  • Kemudian pilih file plugin yang akan Anda pasang di situs Wordpress.
  • Buka file plugin lalu klik install now.
  • Setelah file plugin berhasil di instal maka selanjutnya tinggal aktifkan saja plugin yang sudah di instal.

Nah, setelah Anda membaca artikel di atas sudah lebih paham apa itu plugin bukan? Worpdress terus berkembang dan penting bagi Anda untuk selalu mengikuti perkembangannya termasuk dari plugin. Jangan lupa comment jika Anda sudah berhasil mencoba cara instal plugin.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga