Apa Arti Kompatibel di HP? Pengertian, Penyebab, dan Mengatasi - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Apa Arti Kompatibel di HP? Pengertian, Penyebab, dan Mengatasi

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/b5cfd0d3691ecbc7a0219c28573e1b7c793b50a8.webp

 

Mungkin kamu sering kali mendengar istilah “kompatibel” ketika ingin mengunduh atau instal aplikasi di ponsel kamu. Lalu, sebenarnya apa artikel kompatibel di HP? Nah, pada artikel ini akan membahas lengkap terkait kompatibel jadi simak terus artikel ini!

Pernahkah kamu mengalami ketika akan instal aplikasi di ponsel pintar terdapat notifikasi “Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini”? Hal ini terjadi karena aplikasi yang diinstal tidak bisa berjalan dengan baik pada pada ponsel kamu.

Apa Arti Kompatibel di HP Android?

https://biartau.id/images/93fb1721ab8b47f88ad27091651cbe6116404593.webp

 

Istilah kompatibel merupakan istilah yang sering ditemui ketika instal aplikasi pada ponsel pintar kamu. Lalu, sebenarnya apa arti kompatibel di HP? Dalam KBBI “Kompatibel” memiliki makna mampu bekerja, keserasian, dan kesesuaian.

Jadi ketika kamu memasang aplikasi kemudian ada notifikasi tidak kompatibel maka artinya perangkan ponsel pintar kamu tidak memenuhi persyaratan untuk memasang aplikasi tersebut. Lalu, bagaimana jika tetap memaksakan aplikasi yang tidak kompatibel?

Ketika kamu memaksakannya maka dapat menimbulkan crash atau aplikasi tidak bisa berjalan dengan baik pada perangkat kamu. Oleh karena itu, ketika ingin instal aplikasi pada ponsel pintar perlu memperhatikan dahulu syarat minimum untuk menjalankan aplikasinya.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan aplikasi tidak kompatibel dengan smartphone milikmu. Nah, setelah kamu mengetahui apa arti kompatibel di HP maka selanjutnya adalah mengetahui apa saja penyebab ponsel tidak kompatibel.

Penyebab Aplikasi Tidak Kompatibel di HP Android

https://biartau.id/images/af48b294ecd136de49ac822e8908403954133971.webp

 

Selain mengetahui apa arti kompatibel di HP, kamu juga perlu mengetahui apa saja penyebab aplikasi tidak kompatibel di ponsel pintar milikmu. Nah, masalah ini dapat terjadi karena beberapa faktor, berikut berbagai faktor penyebabnya.

1. Sistem Operasi Tidak Mendukung

Faktor penyebab pertama kenapa kamu mendapatkan notifikasi “Perangkat Anda Tidak Kompatibel dengan Versi Ini” yaitu karena sistem operasi tidak mendukung. Ketika kamu mengalami masalah ini berarti versi Android terlalu lawas sehingga tidak kompatibel.

2. Perangkat Tidak Memiliki Hardware yang Dibutuhkan

Penyebab selanjutnya kenapa perangkat tidak kompatibel adalah ponsel pintar Anda tidak memiliki hardware yang dibutuhkan oleh aplikasinya. Misalkan aplikasi memerlukan fitur NFC dan ponsel kamu tidak memiliki hardware NFC maka menyebabkan kompatibel

3. Spesifikasi Ponsel Tidak Mendukung Menjalan Aplikasinya

Spesifikasi yang tidak mendukung juga dapat menyebabkan kenapa ponsel pintar kamu tidak kompatibel dengan aplikasi yang ingin diinstal. Spesifikasi seperti RAM, Storage, Processor, dan lain-lain menjadi requiretment yang perlu dipenuhi saat instal aplikasi.

4. Aplikasi Tidak Tersedia untuk Lokasimu

Penyebab selanjutnya kenapa ponsel kamu mengalami masalah kompatibel adalah karena lokasi kamu tidak mendukung aplikasi tersebut untuk berjalan. Biasanya banyak ketika kamu instal aplikasi di Play Store biasanya ada informasi terkait lokasi yang support aplikasinya.

Nah, itu tadi pembasahan apa arti kompatibel di HP dan juga apa saja penyebab masalah kompatibel ini terjadi. Kemudian, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengatasi masalah ini? Caranya cukup simak terus artikel ini!

Cara Membuat Aplikasi Menjadi Kompatibel di Android

https://biartau.id/images/fb29ac25434eaf8f586798a98c6b4f5f9550b20c.webp

 

Setelah kamu mengetahui apa arti kompatibel di HP dan penyebabnya, maka selanjutnya adalah bagaimana cara mengatasinya. Nah, ada beberapa cara untuk mengatasinya menyesuaikan dengan penyebabnya, berikut berbagai cara mengatasinya.

1. Unduh Aplikasi di Luar Play Store

Cara mengatasi yang pertama adalah dengan mengunduh aplikasi di luar dari Play Store. Sering kali Play Store menerapkan standarisasi tinggi sehingga kamu tidak bisa instal aplikasinya. Cara mengatasinya kamu coba unduh aplikasi di luar dari Play Store.

2. Mengubah Lokasi Melalui VPN

Jika kamu mengalami masalah kompatibel karena faktor lokasi maka cara mengatasinya adalah menggunakan VPN. Aplikasi VPN ini dapat mengubah IP lokasi kamu sehingga aplikasi yang tidak dapat diinstal di lokasi dapat teratasi dengan menggunakan VPN.

3.Update Sistem Operasi

Lalu bagaimana cara mengatasi aplikasi yang tidak mendukung sistem operasi Android? Caranya mudah, kamu hanya perlu update sistem operasi kamu sehingga dapat kompatibel dengan aplikasi yang ingin diinstal.

Nah, itu tadi artikel apa arti kompatibel di HP, penyebab, dan juga cara mengatasinya. Jika kamu sudah mengerti dan berhasil mencoba berbagai cara di atas maka jangan lupa kembali ke artikel ini dan tulis pengalaman setelah membaca artikel ini melalui kolom komentar.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga