Pahami Perbedaan Listrik 1 Phase dan 3 Phase - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Pahami Perbedaan Listrik 1 Phase dan 3 Phase

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/2a39735c93c5edc015ad3426a7c149312748aea0.webp

 

Masih banyak orang yang belum mengerti apa perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase. Padahal, memahami Phase pada listrik ini penting agar Anda lebih mengerti kegunaannya dan juga dapat menerapkan instalasi listrik Phase sesuai dengan kebutuhan.

Listrik yang digunakan di rumah biasanya menggunakan instalasi listrik 1 Phase karena termasuk tegangan rendah. Sementara itu, jaringan dengan tegangan menengah hingga ke pembangkit listrik menggunakan jaringan listrik 3 Phase, lalu apa sebenarnya perbedaannya?

Apa itu Kabel Fasa?

Perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase juga dapat dibedakan dari berapa jumlah kabel Fasa yang digunakan. Selain dibedakan dari jenis arusnya seperti AC (alternating current) dan DC (Direct current), listrik juga dibedakan dari jumlah fasanya.

Apa itu fasa? Fasa merupakan jenis kabel listrik yang memiliki energi listrik atau dapat menyalurkan aliran listrik. Ketika di-testpen, biasanya testpen akan menyela. Contohnya, seperti pada stop kontak yang Anda temui di rumah atau kantor.

Stop kontak yang bagus bila memasukkan testpen pada lubang satu akan menyala dan satu lagi tidak. Dengan test tersebut maka menunjukkan bahwa kabel fasa dapat menyala dan netral tidak dapat menyala. Nah, listrik 3 phase menggunakan 3 kabel fasa untuk instalasinya.

Kabel fasa bisanya memiliki karakteristik berbeda dengan kabel lainnya. Warna dari kabel fasa biasanya merah, hitam, abu-abu, hijau, kuning campur hijau. Selain itu, untuk membedakan dengan kabel lain, ketika di-testpen kabel akan menyala.

Nah, setelah Anda mengetahui apa itu kabel fasa maka selanjutnya adalah mengetahui perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase. Lalu, apa perbedaannya? Simak terus artikel ini hingga selesai agar Anda mengerti apa perbedaannya!

Perbedaan Listrik 1 Phase dan 3 Phase

https://biartau.id/images/c9e545673c90ff33b900a99f5c5f7de05961f87d.webp
Source : Tempat Kita Berbagi Ilmu

 

Mungkin Anda sudah sering mendengar apa itu listrik 1 Phase dan 3 Phase, akan tetapi apa sebenarnya perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase? Nah, untuk mengetahui apa perbedaannya maka beriku kami berikan uraiannya.

1. Listrik 1 Phase

Apa itu listrik 1 Phase? Jika dilihat dari penjelasan tentang kabel fasa di atas, pasti Anda beranggapan bahwa listrik 1 Phase menggunakan 1 kabel fasa bukan? Ya, jawabannya benar. Akan tetapi, selain menggunakan kabel fasa ada juga kabel netral.

Listrik 1 Phase digunakan untuk menghidupkan barang-barang elektronik yang disupply dengan arus kabel 1 fasa saja. Semua peralatan elektronik di rumah tangga seperti pompa air, kulkas, blender, dan masih banyak lagi barang elektronik yang di aliri listrik 1 Phase.

Pada jalur listrik 1 Phase, menggunakan 3 jalur listrik yaitu R, S, T. Misalnya, jalur listrik yang menuju rumah Anda phase R, kemudian jalur listrik tetangga Anda mungkin phase S, dan juga tetangga yang lainnya menggunakan jalur listrik Phase T.

2. Listrik 3 Phase

Listrik 3 Phase merupakan listrik yang terdiri dari tiga buah kabel Phase yang berbeda yaitu kabel Phase R, S, dan T. Tegangan antara phase dengan phase yang berbeda sekitar 380 V. Tegangan dari listrik 3 Phase lebih besar dari 1 Phase.

Jadi biasanya listrik 3 Phase ini biasanya digunakan untuk keperluan listrik dengan skala daya yang besar. Biasa listrik 3 Phase ini digunakan untuk keperluan listrik besar seperti industri, workshop, pabrik, perkantoran, dan masih banyak lagi.

Listrik 3 Phase ini memiliki kelebihan dibandingkan dengan 1 Phase. Kelebihannya yaitu listrik 3 Phase dapat digunakan sebagai 3 jalur listrik R, S, dan T pada listrik 1 Phase yang masing-masingnya ditambahkan dengan kabel jalur netral.

Kelebihan dan Kekurangan Antar Listrik 1 Phase dengan 3 Phase

https://biartau.id/images/783c9549e7581e817b1e99dc6253df7e76a1ca35.webp
Source : Geminithefilm

 

Setelah mengetahui perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase maka selanjutnya adalah Anda perlu mengetahui beragam kelebihan dan kekurangan dari masing-masing instalasi jaringan listrik ini. Berikut  ini beragam kelebihan dan kekurangannya.

1. Listrik 1 Phase

Kelebihan:

  • Sistem kelistrikan sederhana sehingga tidak butuh biaya besar.
  • Banyak peralatan elektronik menggunakan supplay 1 Phase.
  • Pemasangan listrik 1 Phase lebih murah

Kekurangan:

  • Arus maksimal 2200 watt.
  • Motor listrik dengan tenaga yang besar dapat membuat bobot dan ukurannya jadi lebih besar.
  • Tidak dapat supply 3 phase.

2. Listrik 3 Phase

Kelebihan:

  • Listrik 3 Phase lebih efisien dari 1 Phase.
  • Dapat supply barang elektronik 1 Phase dengan menambah satu fasa dan netral.
  • Motor listrik 3 Phase tenaga dihasilkan besar.
  • Dapat menjalankan beban energi besar lebih mudah.

Kekurangan:

  • Biaya instalasi listrik 3 Phase lebih mahal dibandingkan 1 Phase.
  • Instalasi jaringan lebih rumit dibandingkan dengan 1 Phase.

Nah, itu tadi perbedaan listrik 1 Phase dan 3 Phase. Jadi dapat disimpulkan bahwa perbedaan dari 1 phase dan 3 phase dapat dibedakan dari beberapa hal mulai dari tegangan daya, biaya instalasi, dan kabel fasa yang digunakan. Semoga artikel ini membantu!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga