Apa Itu Permalink? Pengertian, Fungsi, dan Optimasi SEO - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Apa Itu Permalink? Pengertian, Fungsi, dan Optimasi SEO

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/7a97c1da758f5c595a38a56c33be3d9fa66a4858.webp

 

Masih banyak orang yang belum mengerti apa itu permalink, padahal fungsinya berguna agar URL halaman pada website Anda menjadi lebih mudah dibaca oleh audiens dan juga mesin pencarian. Nah, agar lebih mengenal maka penting bagi kamu untuk simak terus artikel ini!

Bagi Anda yang memiliki blog atau juga website, maka penting untuk memahami hal-hal dasar tentang permalink karena sangat mempengaruhi untuk SEO. Artikel ini akan membahas tuntas pengertian, fungsi, hingga cara optimasi permalink SEO.

Apa Itu Permalink?

https://biartau.id/images/4afbcb6b7379c1bf89ca5326f9437dae03db7088.webp

 

Permalink adalah keseluruhan URL yang dapat Anda lihat ketika membuka website pada setiap konten atau halaman. Setiap konten dan juga halaman memiliki permalink yang berbeda-beda satu sama lain.

Saat membuka website, pastinya kamu akan menemukan kalimat atau juga angka dari setelah domain. Seperti diketahui bahwa, URL berisi HTTP dan juga nama domain kamu. Akan tetapi jika setelah ditambah “tips-seo” di belakangnya maka disebut URL permalink.

Penggunaan permalink ini biasanya akan sering ditemui ketika Anda menggunakan Wordpress untuk optimasi situs Anda. Ada banyak plugin yang bisa digunakan salah satunya adalah Yoast SEO untuk mengoptimalkan penerapan permalink.

Pada plugin Yoast SEO ini Anda dapat menambahkan permalink dengan lebih mudah. Dengan menerapkan SEO pada permalink maka arsitektur akan lebih rapi dan juga memudahkan navigasi pengunjung dan proses crawling Google atau mesin pencarian.

Nah, setelah mengetahui apa itu permalink, maka agar lebih memahami lebih jauh tentang permalink ini maka peting bagi Anda untuk simak terus artikel ini hingga selesai. Mengapa? karena selanjutnya kami akan membahas manfaat, struktur, hingga tips optimasi SEO.

Manfaat Permalink Pada Situs 

Sekarang, kita sudah mengerti bahwa permalink merupakan deretan kalimat yang ditambahkan di belakang URL. Namun, sebenarnya seberapa penting penggunaan permalink yang rapi dan SEO Friendly? Berikut macam-macam manfaat dari permalink.

1. Dapat Lebih Mudah Dilihat User

Manfaat pertama yang bisa Anda rasakan adalah, user akan lebih mudah dan memahami tentang konten Anda. Permalink atau Permanent Link yang dibagikan di sosmed akan membuat user lebih mudah melihatnya karena struktur link sudah jelas.

Dengan begitu, tentunya user yang melihat konten Anda pun akan lebih cenderung untuk klik link tersebut. Nah, maka dari itu kenapa penting bagi Anda untuk memperhatikan permalink pada setiap konten atau halaman di website.

2. Lebih Cepat Proses Indeks oleh Google

Manfaat selanjutnya terkait penggunaan permalink yang benar adalah akan lebih cepat ketika proses indeks oleh Google. Proses indeks merupakan proses dimana konten atau halaman baru yang Anda buat masuk ke database mesin pencarian.

Ketika halaman atau konten yang Anda buat sudah di indeks maka ketika Anda search di mesin pencarian halaman dan konten sudah bisa di akses secara publik. Permalink ini dapat membuat proses crawling menjadi lebih cepat.

3. Lebih Memperkuat SEO Pada Website Anda

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik untuk optimasi website sehingga mendapatkan rangking yang bagus di Google. Nah, permalink memiliki peranan penting untuk mendongkrak posisi website Anda di mesin pencarian.

Biasanya permalink SEO menggunakan keyword atau kata kunci. Jadi setiap konten yang dibuat menggunakan permalink dari kata kuncinya. Dengan demikian website Anda akan lebih kuat dan juga membuat Google lebih mudah menemukan konten Anda.

Contoh Struktur Permalink 

https://biartau.id/images/3c37c6fcb99bea3901dd76a60ed30bc4a559ade9.webp

 

Setelah memahami apa itu permalink serta manfaatnya maka selanjutnya adalah ketahui bagaimana struktur permalink yang benar. Dengan demikian tentunya dapat menerapkannya langsung pada Website Anda sendiri.

Struktur permalink terdiri dari dua bagian. Pada bagian pertama yaitu domain website dan slug pada halaman atau konten Anda. Contohnya seperti berikut ini.

Penjelasan Struktur Permalink:

  • Permalink keseluruhan: https://biartau.id/apa-itu-permalink
  • Nama domain website: https://biartau.id
  • Slug halaman: /apa-itu-permalink

Permalink yang dibuat harus tepat sasaran agar Google dapat membaca artikel yang Anda buat menjadi lebih cepat dan sesuai dengan user perlukan. Jadi penting bagi Anda untuk memahami apa itu permalink, manfaat, dan juga strukturnya.

Setelah mengetahui bagaimana struktur dari permalink yang benar, maka selanjutnya adalah penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana penerapan permalink yang SEO Friendly. Jadi agar lebih paham, simak terus artikel ini!

Tips Optimasi Permalink untuk SEO

SEO saat ini merupakan strategi yang penting agar website Anda eksis terus muncul di halaman utama mesin pencarian. Nah, memaksimalkan penerapan strategi SEO juga harus diterapkan pada permalink. Berikut ini macam-macam tips optimasi permalink.

1. Permalink Pendek

Tips pertama yang perlu Anda terapkan strategi SEO dalam permalink adalah harus pendek dan juga deskriptif. Selain itu permalink yang dibuat juga harus menggambarkan isi dari keseluruhan konten yang sedang Anda buat.

2. Memisahkan Setiap Kata dengan Tanda Strip ( - )

Tips selanjutnya adalah membuat permalink yang dipisahkan setiap katanya menggunakan strip, contohnya https://biartau.id/apa-itu-permalink. Dengan menggunakan strip pada setiap katanya tentu akan lebih enak di lihat dan dibaca.

3. Menggunakan Huruf Kecil

Selain dengan memisahkan oleh tanda strip ( - ), penggunaan huruf kecil juga dapat memudahkan user untuk memahami permalink. Selain itu, dapat membantu mesin pencarian memudahkan dalam mencari konten yang sesuai dengan keyword dibutuhkan.

4. Menggunakan Keyword

Seperti dijelaskan sebelumnya, bahwa permalink yang baik adalah menggunakan keyword yang sedang ditargetkan. Dengan demikian, mesin pencarian akan lebih mudah mencari artikel yang dibutuhkan user.

Nah, itu tadi uraian terkait apa itu permalink. Jadi, peran permalink untuk membuat website memiliki struktur link yang rapi dan juga berguna untuk mendongkrak posisi website di mesin pencarian. Bagaimana, apakah Anda sudah mengerti permalink?

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga