6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuman 1 Hari - Biartau.id
Berhasil

Default Message

6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuman 1 Hari

1 bulan yang lalu
6 Hewan dengan Usia Terpendek, Ada yang Cuman 1 Hari
Source: Freepik.com

Rata-rata usia hewan untuk hidup sejatinya memang lebih pendek dibandingkan dengan manusia. Usia hewan tersebut dapat dipengaruhi dari tempat dan jenis golongannya. Akan tetapi, ada beberapa hewan yang diberikan Tuhan kesempatan hidup pendek.

Bahkan ada salah satu hewan yang hidup hanya 1 hari saja. Walaupun hidup hanya bertahan selama 24 jam saja, hewan tersebut dapat berkembang biak dengan cepat sehingga populasi di dunia tetap stabil dan tidak berkurang.

Deretan Hewan dengan Usia Pendek

Usia dari hewan dipengaruhi pada habitat, ukuran, makanan, dan juga kemampuan pertahanan hidup. Serangga memegang daftar teratas sebagai hewan berumur pendek dibanding dengan jenis hewan lain. Lalu, hewan apa saja dengan usia pendek? Berikut ulasannya.

1. Capung (6 bulan)

Hewan Usia Pendek
Source: Freepik.com

Capung merupakan kelompok serangga yang masuk ke dalam Odonata. Capung merupakan serangga yang tidak bisa hidup jauh dari air karena di tempat inilah capung berkembang biak dan menghabiskan waktu dari anak-anak hingga dewasa.

Di Indonesia sendiri terdapat juga jenis capung yaitu Subardo Anisoptera dan Subordo Zygoptera. Nah, capung hanya dapat hidup kurang lebih selama 4 sampai 6 bulan saja. Namun, capung dapat berkembang biak cukup cepat.

2. Lalat (4 Minggu)

Hewan Usia Pendek
Source: Freepik.com

Lalat merupakan jenis serangga dari keluarga Ordo Diptera. Lalat memiliki perbedaan dengan ordo serangga lainnya karena memiliki sepasang sayap terbang dan juga sepasang halter. Lalat merupakan hewan yang mengalami metamorfosis sempurna.

Lalat tergolong serangga yang memiliki umur singkat. Lalat dapat hidup kurang lebih hanya satu bulan saja. Walaupun demikian, lalat merupakan serangga yang dapat berkembang biak dengan cepat. Lalat dapat menghasilkan telur hingga 1.000 satu kali reproduksi. 

3. Semut Pejantan (2 Minggu)

Hewan Usia Pendek
Source: Freepik.com

Semut pejantan merupakan anggota terkecil di dalam koloni semut. Semut pejantan merupakan satu-satunya dalam koloni semut yang hanya bertugas untuk berkawin dengan ratu semut sehingga dapat menghasilkan telur banyak.

Seperti dijelaskan sebelumnya, semut pejantan berbeda dengan semut pekerja, semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan juga reproduksi saja. Umur dari semut pejantan terbilang singkat hanya sampai sekitar 2 minggu saja.

4. Nyamuk (10 hingga 56 Hari)

Hewan Usia Pendek
Source: Freepik.com

Nyamuk merupakan hewan golongan serangga yang termasuk ke dalam Ordo Diptera dan juga masuk ke dalam keluarga Culicidae. Nyamuk memiliki dua sayap bersisik yang membuat ketika terbang nyamuk mengeluarkan suara berisik.

Nyamuk termasuk ke dalam salah satu hewan yang hidupnya dengan usia pendek. Nyamuk jantan bahkan dapat hidup hanya dalam 10 hari saja. Namun, berbeda dengan nyamuk betina, mereka dapat hidup lebih panjang bahkan sampai 56 hari.

5. Gastrotricha (3 Hari)

Hewan Usia Pendek
Source: en.wikipedia.org

Gastrotricha terbagi menjadi dua ordo dan beberapa keluarganya yaitu Ordo Macrodasyida dan Ordo Chaetonotida. Hewan ini termasuk ke dalam hewan mikroskopis (0.06-0.3mm), yang membuatnya hanya dapat dilihat melalui mikroskop.

Gastrotricha adalah hewan yang bentuknya memiliki rupa seperti cacing. Hewan ini dapat ditemukan di air tawar dan juga laut. Gastrotricha memilik bentuk tubuh yang transaparan dan berenang mengikut arus. Hewan ini dapat hidup hanya 3 hari saja.

6. Mayfly (1 Hari)

Hewan Usia Pendek
Source: Freepik.com

Hewan dengan hidup paling pendek di dunia jatuh kepada mayfly atau lalat capung. Menariknya meski hidupnya hanya 1 hari saja, Mayfly telah hidup sejak jaman dinosaurus, 350 tahun lamanya sudah hewan ini lalui.

Meski Mayfly memiliki umur pendek, hewan ini dapat berkembang biak dengan cepat. Mayfly dapat bertelur sebanyak 500-1.000 telur dan telur tersebut dapat diletakan di permukaan air.

Nah, itu tadi beberapa hewan yang hidupnya di dunia ini singkat. Namun, meski demikian beberapa hewan di atas mampu bereproduksi dengan cepat dan banyak sehingga masih bisa ada hingga sekarang.

 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga