5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Oppo Lemot Semua Versi! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Penyebab dan Cara Mengatasi HP Oppo Lemot Semua Versi!

22 hari yang lalu
 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot
Source: Freepik.com

Apakah kamu user HP Oppo? Mengalami kendala HP lemot? Tenang di artikel ini akan membahas tuntas bagaimana cara mengatasi HP Oppo lemot. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba, penasaran apa saja? Simak artikel ini hingga selesai!

Ketika HP lemot tentunya dapat membuat kesal karena dapat mengganggu kegiatan kamu dalam mengoperasikan ponsel pintar. Nah, masalah ponsel lemot ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang jarang disadari.

5 Penyebab HP Oppo Lemot Parah

 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot
Source: Freepik.com

Ketika kamu mengalami masalah ponsel pintar lambat tentunya akan bertanya-tanya, apa penyebab HP menjadi lambat? Nah, ada beberapa penyebab ponsel menjadi lambat, berikut beberapa contoh penyebabnya.

1. RAM Penuh

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara mengatasi HP Lemot Oppo, tentu harus tahu dahulu kenapa masalah ini terjadi. Nah, penyebab pertama HP lambat yaitu biasanya RAM yang sebagai tempat penyimpan data sementara penuh.

2. Penyimpanan Ponsel Penuh

Selain RAM, penyimpanan ponsel pintar yang penuh juga dapat menjadi penyebab ponsel pintar menjadi lambat. Sistem ponsel memerlukan ruang penyimpanan yang besar agar aplikasi berjalan dengan lancar sehingga ketika penuh dapat membuat ponsel jadi lambat.

3. Penggunaan Widget Berlebihan

Penggunaan widget yang berlebihan di halaman home ponsel pintar kamu juga dapat menjadi faktor ponsel menjadi lambat. Ketika kamu menempatkan widget berlebihan di layar utama tentunya dapat membuat penyimpanan di RAM akan penuh.

4. Cache di Ponsel Menumpuk

Cache merupakan data sementara yang disimpan di memori internal ponsel pintar kamu. Nah, ketika Cache ini menumpuk tentunya dapat membuat kapasitas memori internal di ponsel berkurang dan menimbulkan masalah ponsel yang menjadi lambat.

5. Sistem Operasi Tidak Update

Penyebab selanjutnya kenapa ponsel pintar Oppo kamu menjadi lemot adalah karena sistem operasi belum di update. Sistem operasi yang belum diperbarui akan menjadi lambat dari waktu ke waktu, karena tidak cocoknya sistem operasi lama dengan beberapa aplikasi baru.

5 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot

 Cara Mengatasi HP Oppo Lemot
Source: Freepik.com

Setelah kamu mengetahui ap saja penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui berbagai cara mengatasi HP lemot Oppo. Tidak perlu khawatir lagi ponsel pintar kamu lambat, coba ikut berbagai cara mengatasinya berikut ini.

1. Membersihkan Aplikasi yang Berjalan di RAM

Langkah pertama tentunya kamu harus terlebih dahulu membersihkan aplikasi yang berjalan yang ada di RAM. Kamu bisa menggunakan aplikasi cleaner RAM atau juga menggunakan aplikasi cleaner yang disediakan oleh Oppo.

2. Mengelola Penyimpanan Internal

Cara mengatasi HP lemot Oppo selanjutnya adalah dengan mengelola penyimpanan internet. Seperti diketahui bahwa penyimpanan internal yang penuh dapat membuat ponsel lambat. Jadi kelola penyimpanan internet, hapus beberapa file, video, atau foto yang tidak penting.

3. Hapus Beberapa Widget Tidak Penting

Widget yang berlebihan dapat membuat kapasitas RAM berkurang, sehingga dapat menimbulkan masalah ponsel Oppo lambat. Nah, solusinya kamu perlu mengurangi beberapa Widget yang tidak penting agar kapasitas RAM tetap besar dan ponsel tetap lancar.

4. Membersihkan Cache

Cache merupakan data sementara dari aplikasi yang dapat membuat lambat. Nah, kamu perlu membersihkan cache ini agar ponsel tetap stabil dan lancar digunakan. Kamu bisa masuk ke pengaturan > alplikasi > bersihkan cahce.

5. Update Sistem Operasi

Cara terakhir adalah dengan update sistem operasi ponsel pintar kamu. Sistem operasi versi terbaru tentunya memperbaiki beberapa masalah yang ada di versi sebelumnya dan menambah fitur baru. 

Nah, itu tadi beberapa cara mengatasi HP Oppo lemot yang bisa kamu coba. HP yang lemot tentunya membuat kesal tidak karuan jadi coba cara di atas, jika caranya berhasil jangan lupa tinggalkan komentar pada artikel ini!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga