5 Penyebab dan Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Penyebab dan Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP

29 hari yang lalu
 Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP
Source: Freepik.com

Internet saat ini sudah menjadi seperti kebutuhan primer bagi masyarakat sehingga ketika Wifi ponsel lambat tentunya cukup mengganggu. Namun, tenang ada cara agar Wifi tidak lemot di HP kamu, penasaran apa saja caranya? Yuk, simak terus!

Banyak orang yang memilih untuk menggunakan Wifi sebagai perangkat untuk menyediakan kebutuhan internet. Wifi memiliki keunggulan berupa tidak adanya batasan kuota sehingga kamu dapat mengakses internet lebih leluasa. Akan tetapi tidak jarang, Wifi mengalami masalah.

5 Penyebab Wifi Lemot di HP

 Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP
Source: Freepik.com

Sebelum kamu mengetahui cara agar Wifi tidak lemot di HP, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab yang membuat internet Wifi menjadi lambat. Berikut berbagai penyebab yang menjadi biang keladi kenapa wifi lemot.

1. Router Wifi Terhalang oleh Benda atau Dinding

Penyebab pertama kenapa ponsel pintar kamu menjadi lambat saat mengakses internet Wifi adalah karena terhalang oleh Benda atau juga Dinding. Semakin banyak benda yang menghalangi makau jangkauan jaringan Wifi bisa melemah dan berujung kepada internet menjadi lambat.

2. Banyak Perangkat yang Tersambung

Penyebab selanjutnya kenapa internet ponsel Anda menjadi lambat adalah karena banyaknya perangkat yang tersambung di Wifi. Hal ini terjadi karena bandwidth atau batas dari Wifi penuh sehingga membuat kecepatan internet Wifi menjadi lambat.

3. Saluran Wifi Tidak Benar

Saluran kabel Wifi yang tidak benar menjadi salah satu penyebab kenapa konektivitas internet Wifi kamu menjadi lambat. Hal ini terjadi karena channel Wifi menjadi tumpang tindih sehingga menyebabkan internet menjadi lebih lambat.

4. Router Wifi Error

Ada beberapa faktor yang dapat membuat router Wifi mengalami error yaitu usia router. Ketika kamu menggunakan router lama, perangkat dan software di router akan kurang optimal sehingga tentunya dapat menyebabkan internet menjadi lemot.

5. Wifi Tidak Mendukung Perangkat Kecepatan Tinggi

Penyebab terakhir kenapa Wifi kamu di rumah lemot yaitu karena tidak mendukung perangkat dengan kecepatan yang tinggi. Hal ini dapat berpengaruh terhadap konektivitas Wifi dengan ponsel pintar, alhasil internet berisiko menjadi lambat.

5 Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP

 Cara Agar Wifi Tidak Lemot di HP
Source: Freepik.com

Setelah kamu mengetahui apa saja penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara agar Wifi tidak lemot di HP. Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengembalikan kecepatan internet Wifi lebih optimal berikut berbagai caranya.

1. Menggunakan Aplikasi Penguat Sinyal

Cara agar koneksi Wifi kamu menjadi lebih cepat kembali adalah dengan menggunakan aplikasi penguat sinyal. Ada banyak aplikasi untuk memperkuat sinyal di ponsel pintar Android dan iOS, mulai dari Wifi Booster & Analyzer dan masih banyak lagi.

2. Periksa Case Ponsel Pintar Anda

Case ponsel pintar dapat menghalangi konektivitas jaringan Wifi dengan ponsel pintar milikmu. Kau perlu menguji apakah case menghambat koneksi atau tidak dengan mencabutnya terlebih dahulu, kemudian pasang kembali.

3. Update Radio Sistem dan Firmware

Cara agar internet Wifi tidak lemot selanjutnya adalah dengan update terlebih dahulu radio atau juga firmware di ponselmu. Kamu dapat melakukan update melalui pengaturan > Tentang Ponsel > System/Software Update.

4. Setting Handphone Agar Koneksi Tetap Stabil

Tips selanjutnya agar internet wifi jadi lebih lancar dan cepat adalah dengan mengatur terlebih dahulu konektivitas ponsel pintar Anda. Caranya buka pengaturan > WiFi > pengaturan lanjutan. Lalu, klik menghindari koneksi buruk atau Avoid Poor Conections.

5. Memindahkan Router Wifi ke Tempat yang Benar

Cara terakhir untuk memperbaiki koneksi Wifi agar tidak lambat adalah dengan memindahkan router Wifi. Pilih tempat yang tidak terhalang tembok agar koneksi Wifi dapat tersebar secara merata di seluruh ruangan.

Nah, itu tadi beberapa cara agar Wifi tidak lemot di HP. Kamu bisa mencoba berbagai cara di atas untuk mengatasinya. Jika berhasil jangan lupa tinggalkan komentar dan saran untuk membuat artikel apa lagi, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga