5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung Semua Versi - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung Semua Versi

22 hari yang lalu
Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung
Source: Freepik.com

Banyak pengguna ponsel Samsung dan mungkin salah satunya kamu, memori internal yang dimilikinya penuh. Ketika kamu mengalami masalah seperti ini tidak perlu khawatir, ada cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang dapat kamu coba, simak terus artikel ini!

Memori internal yang cepat penuh tentunya dapat membuat kesal. Terlebih lagi, hal ini juga dapat membuat ponsel menjadi lambat. Umumnya, HP Samsung yang memiliki kapasitas memori internet kecil sering kali penyimpanannya cepat penuh. 

Penyebab Memori Internal Penuh

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung
Source: Freepik.com

Sebelum kamu mengetahui bagaimana cara mengatasi memori HP penuh padahal aplikasi sedikit, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab memori internal cepat penuh. Apa saja penyebabnya? Berikut ulasannya.

1. Banyak Aplikasi Terpasang di Ponsel

Penyebab pertama penyimpanan ponsel kamu cepat penuh adalah karena terlalu banyak aplikasi yang terpasang. Saat ini ada banyak aplikasi dengan berbagai fungsi untuk menunjang penggunanya berkegiatan sehari-hari.

Namun, sering kali banyak orang yang terlalu banyak memasang aplikasi, alhasil tanpa disadari tiba-tiba memori internal HP jadi penuh. Ketika kamu install aplikasi, data-data dari aplikasi tersebut akan disimpan di ponsel sehingga dapat membuat memori cepat penuh.

2. Cache di Ponsel Anda Sudah Penuh

Cache merupakan data sementara yang disimpan memori internal ponsel pintar kamu. Nah, setiap aplikasi yang kamu instal di ponsel pintar memiliki cache tersendiri sehingga jika tidak dikontrol bisa memenuhi memori ponsel pintar kamu.

Bahkan pada beberapa aplikasi, cache yang dihasilkan bisa mencapai 1 GB lebih. Oleh karena itulah, kenapa semakin banyak aplikasi yang di instal semakin banyak juga cache yang ditimbulkan. Memori internal yang terlalu penuh, dapat membuat ponsel lambat.

3. Banyak Berkas yang Tidak Penting

Penyebab selanjutnya penyimpanan ponsel kamu cepat penuh adalah ada banyak berkas yang tidak penting tersimpan di penyimpanan ponsel kamu. Berkas seperti Foto, Video, dan berbagai berkas lainnya perlu kamu perhatikan jika tidak penting dihapus.

Nah, setelah kamu mengetahui apa saja penyebabnya, maka selanjutnya adalah mengetahui bagaimana cara mengatasi memori penuh di HP Samsung. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi memori penuh, jadi simak terus artikel ini!

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung

 

Cara Mengatasi Memori Penuh di HP Samsung
Source: Freepik.com

Memori internal yang penuh tentunya dapat membuat kamu kesal karena mempengaruhi performa ponsel pintar jadi lambat. Namun, tenang ada beberapa cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang bisa dicoba, berikut berbagai caranya.

1. Menghapus Aplikasi Tidak Penting

Cara mengatasi memori yang penuh pertama adalah dengan menghapus beberapa aplikasi tidak digunakan. Caranya pertama-tama buka setting > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin di hapus > uninstal. Tunggu beberapa saat hingga proses uninstal selesai.

2. Hapus Cache Aplikasi

Selain aplikasi, menghapus cache secara berkala merupakan cara mengatasi penuh di HP Samsung. Caranya langkah pertama buka terlebih dahulu setting > aplikasi > pilih aplikasi yang ingin di hapus cache > penyimpanan > hapus cache.

3. Hapus Beberapa File Tidak Penting

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menghapus beberapa file tidak penting. File-file meski kecil jika banyak dapat membuat memori cepat penuh. Maka dari itu penting untuk rutin menghapus beberapa file tidak penting.

4. Instal Aplikasi Cleaner

Menghapus cache dan file tidak penting secara manual tentunya cukup merepotkan. Namun, tenang saat ini ada banyak aplikasi cleaner yang dapat membuat proses membersihkan cache dan file tidak penting secara otomatis.

5. Menambahkan Memori Eksternal

Cara terakhir untuk mengatasi memori HP yang cepat penuh adalah dengan menambahkan memori eksternal. Kemudian, pindahkan berkas-berkas dan juga aplikasi ke memori eksternal agar memori internal di ponsel lebih besar.

Penyimpanan memori internal yang penuh tentunya dapat mempengaruhi performa ponsel kamu sehingga menjadi lebih lambat. Namun tenang, kamu bisa mencoba berbagai cara mengatasi memori penuh di HP Samsung yang bisa dicoba.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga